PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG
Main Author: | NOVITASARI, DEWI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/9472/1/PENGEMBANGAN_PERANGKAT_PEMBELAJARAN_MATERI_SISTEM_PERSAMAAN_LINIER_DUA_VARIABEL_DENGAN_PENDEKATAN_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF_TIPE_STAD_UNTUK_SISWA_KELAS_VIIIA_SMP_MUHAMMADIYAH_06_DAU_MA1.pdf http://eprints.umm.ac.id/9472/ |
ctrlnum |
9472 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/9472/</relation><title>PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG</title><creator>NOVITASARI, DEWI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kualitas hasil pembelajaran siswa pada pelajaran 
matematika, khususnya materi sistem persamaan linier dua variabel. Hal seperti ini, diakibatkan 
oleh proses pembelajaran yang tidak berjalan dengan baik dan penggunaan pendekatan 
pembelajaran yang tidak sesuai dengan kondisi kelas dan materi yang diajarkan. Salah satu 
pendekatan pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami matematika adalah 
pendekatan pembelajaran kooperatif dengan tipe STAD (Student Teams Achievement 
Divisions). Agar pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran koopertif tipe STAD dapat 
berjalan dengan lancar, perlu adanya perangkat pembelajaran yang valid untuk pelajaran 
matematika materi sistem persamaan linier dua variabel di SMP kelas VIII. 
Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIIIA SMU Muhammadiyah 06 Dau Malang, Prosedur 
pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah modifikasi 
dari model-4D (Four D Model) yang dikemukakan oleh Thiagarajan S. , Dorothy S. Semmel, 
Melvyn I. Semmel, yang meliputi tahap Pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), 
tahap Pengembangan (Develop), dan tahap Penyebaran (Disseminate). Namun sesuai dengan 
tujuan dan keperluan penelitian, maka model 4-D tidak sampai pada tahap penyebaran 
(Disseminate). Perangkat pembelajaran Draf 1 merupakan hasil rancangan awal perangkat 
pembelajaran. Pada kegiatan awal tahap pengembangan (Develop), draf 1 divalidasi oleh penilai 
ahli (validator).. Analisis penilaian ahli digunakan sebagai acuan merevisi draf 1 tersebut dan 
apabila tidak terdapat revisi maka didapatkan perangkat pembelajaran draf 2. Sebelum dilakukan 
uji coba perangkat pembelajaran di lapangan, terlebih dahulu dilakukan uji coba keterbacaan 
terhadap draf 2, analisis hasil uji coba keterbacaan digunakan sebagai pijakan untuk merevisi 
draf 2 menjadi draf 3. Selanjutnya, draf 3 diuji cobakan dilapangan. Jika uji coba dinyatakan 
efektif maka Perangkat pembelajaran yang dihasilkan adalah perangkat pembelajaran draf 4. 
Hasil pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini adalah rencana pembelajaran 
(RP) dan lembar kerja siswa (LKS). </description><date>2007</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/9472/1/PENGEMBANGAN_PERANGKAT_PEMBELAJARAN_MATERI_SISTEM_PERSAMAAN_LINIER_DUA_VARIABEL_DENGAN_PENDEKATAN_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF_TIPE_STAD_UNTUK_SISWA_KELAS_VIIIA_SMP_MUHAMMADIYAH_06_DAU_MA1.pdf</identifier><identifier> NOVITASARI, DEWI (2007) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>9472</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
NOVITASARI, DEWI |
title |
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG |
publishDate |
2007 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.umm.ac.id/9472/1/PENGEMBANGAN_PERANGKAT_PEMBELAJARAN_MATERI_SISTEM_PERSAMAAN_LINIER_DUA_VARIABEL_DENGAN_PENDEKATAN_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF_TIPE_STAD_UNTUK_SISWA_KELAS_VIIIA_SMP_MUHAMMADIYAH_06_DAU_MA1.pdf http://eprints.umm.ac.id/9472/ |
contents |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kualitas hasil pembelajaran siswa pada pelajaran
matematika, khususnya materi sistem persamaan linier dua variabel. Hal seperti ini, diakibatkan
oleh proses pembelajaran yang tidak berjalan dengan baik dan penggunaan pendekatan
pembelajaran yang tidak sesuai dengan kondisi kelas dan materi yang diajarkan. Salah satu
pendekatan pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami matematika adalah
pendekatan pembelajaran kooperatif dengan tipe STAD (Student Teams Achievement
Divisions). Agar pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran koopertif tipe STAD dapat
berjalan dengan lancar, perlu adanya perangkat pembelajaran yang valid untuk pelajaran
matematika materi sistem persamaan linier dua variabel di SMP kelas VIII.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIIIA SMU Muhammadiyah 06 Dau Malang, Prosedur
pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah modifikasi
dari model-4D (Four D Model) yang dikemukakan oleh Thiagarajan S. , Dorothy S. Semmel,
Melvyn I. Semmel, yang meliputi tahap Pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design),
tahap Pengembangan (Develop), dan tahap Penyebaran (Disseminate). Namun sesuai dengan
tujuan dan keperluan penelitian, maka model 4-D tidak sampai pada tahap penyebaran
(Disseminate). Perangkat pembelajaran Draf 1 merupakan hasil rancangan awal perangkat
pembelajaran. Pada kegiatan awal tahap pengembangan (Develop), draf 1 divalidasi oleh penilai
ahli (validator).. Analisis penilaian ahli digunakan sebagai acuan merevisi draf 1 tersebut dan
apabila tidak terdapat revisi maka didapatkan perangkat pembelajaran draf 2. Sebelum dilakukan
uji coba perangkat pembelajaran di lapangan, terlebih dahulu dilakukan uji coba keterbacaan
terhadap draf 2, analisis hasil uji coba keterbacaan digunakan sebagai pijakan untuk merevisi
draf 2 menjadi draf 3. Selanjutnya, draf 3 diuji cobakan dilapangan. Jika uji coba dinyatakan
efektif maka Perangkat pembelajaran yang dihasilkan adalah perangkat pembelajaran draf 4.
Hasil pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini adalah rencana pembelajaran
(RP) dan lembar kerja siswa (LKS). |
id |
IOS4109.9472 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Malang |
institution_id |
136 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang |
library_id |
546 |
collection |
UMM Institutional Repository |
repository_id |
4109 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
repoId |
IOS4109 |
first_indexed |
2017-03-21T02:41:27Z |
last_indexed |
2017-03-21T02:41:27Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1675924144045162496 |
score |
17.538404 |