PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG

Main Author: NOVITASARI, DEWI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/9472/1/PENGEMBANGAN_PERANGKAT_PEMBELAJARAN_MATERI_SISTEM_PERSAMAAN_LINIER_DUA_VARIABEL_DENGAN_PENDEKATAN_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF_TIPE_STAD_UNTUK_SISWA_KELAS_VIIIA_SMP_MUHAMMADIYAH_06_DAU_MA1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/9472/
ctrlnum 9472
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/9472/</relation><title>PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG</title><creator>NOVITASARI, DEWI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kualitas hasil pembelajaran siswa pada pelajaran &#xD; matematika, khususnya materi sistem persamaan linier dua variabel. Hal seperti ini, diakibatkan &#xD; oleh proses pembelajaran yang tidak berjalan dengan baik dan penggunaan pendekatan &#xD; pembelajaran yang tidak sesuai dengan kondisi kelas dan materi yang diajarkan. Salah satu &#xD; pendekatan pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami matematika adalah &#xD; pendekatan pembelajaran kooperatif dengan tipe STAD (Student Teams Achievement &#xD; Divisions). Agar pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran koopertif tipe STAD dapat &#xD; berjalan dengan lancar, perlu adanya perangkat pembelajaran yang valid untuk pelajaran &#xD; matematika materi sistem persamaan linier dua variabel di SMP kelas VIII. &#xD; Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIIIA SMU Muhammadiyah 06 Dau Malang, Prosedur &#xD; pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah modifikasi &#xD; dari model-4D (Four D Model) yang dikemukakan oleh Thiagarajan S. , Dorothy S. Semmel, &#xD; Melvyn I. Semmel, yang meliputi tahap Pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), &#xD; tahap Pengembangan (Develop), dan tahap Penyebaran (Disseminate). Namun sesuai dengan &#xD; tujuan dan keperluan penelitian, maka model 4-D tidak sampai pada tahap penyebaran &#xD; (Disseminate). Perangkat pembelajaran Draf 1 merupakan hasil rancangan awal perangkat &#xD; pembelajaran. Pada kegiatan awal tahap pengembangan (Develop), draf 1 divalidasi oleh penilai &#xD; ahli (validator).. Analisis penilaian ahli digunakan sebagai acuan merevisi draf 1 tersebut dan &#xD; apabila tidak terdapat revisi maka didapatkan perangkat pembelajaran draf 2. Sebelum dilakukan &#xD; uji coba perangkat pembelajaran di lapangan, terlebih dahulu dilakukan uji coba keterbacaan &#xD; terhadap draf 2, analisis hasil uji coba keterbacaan digunakan sebagai pijakan untuk merevisi &#xD; draf 2 menjadi draf 3. Selanjutnya, draf 3 diuji cobakan dilapangan. Jika uji coba dinyatakan &#xD; efektif maka Perangkat pembelajaran yang dihasilkan adalah perangkat pembelajaran draf 4. &#xD; Hasil pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini adalah rencana pembelajaran &#xD; (RP) dan lembar kerja siswa (LKS). </description><date>2007</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/9472/1/PENGEMBANGAN_PERANGKAT_PEMBELAJARAN_MATERI_SISTEM_PERSAMAAN_LINIER_DUA_VARIABEL_DENGAN_PENDEKATAN_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF_TIPE_STAD_UNTUK_SISWA_KELAS_VIIIA_SMP_MUHAMMADIYAH_06_DAU_MA1.pdf</identifier><identifier> NOVITASARI, DEWI (2007) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>9472</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author NOVITASARI, DEWI
title PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG
publishDate 2007
topic L Education (General)
url http://eprints.umm.ac.id/9472/1/PENGEMBANGAN_PERANGKAT_PEMBELAJARAN_MATERI_SISTEM_PERSAMAAN_LINIER_DUA_VARIABEL_DENGAN_PENDEKATAN_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF_TIPE_STAD_UNTUK_SISWA_KELAS_VIIIA_SMP_MUHAMMADIYAH_06_DAU_MA1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/9472/
contents Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kualitas hasil pembelajaran siswa pada pelajaran matematika, khususnya materi sistem persamaan linier dua variabel. Hal seperti ini, diakibatkan oleh proses pembelajaran yang tidak berjalan dengan baik dan penggunaan pendekatan pembelajaran yang tidak sesuai dengan kondisi kelas dan materi yang diajarkan. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami matematika adalah pendekatan pembelajaran kooperatif dengan tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Agar pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran koopertif tipe STAD dapat berjalan dengan lancar, perlu adanya perangkat pembelajaran yang valid untuk pelajaran matematika materi sistem persamaan linier dua variabel di SMP kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIIIA SMU Muhammadiyah 06 Dau Malang, Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah modifikasi dari model-4D (Four D Model) yang dikemukakan oleh Thiagarajan S. , Dorothy S. Semmel, Melvyn I. Semmel, yang meliputi tahap Pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap Pengembangan (Develop), dan tahap Penyebaran (Disseminate). Namun sesuai dengan tujuan dan keperluan penelitian, maka model 4-D tidak sampai pada tahap penyebaran (Disseminate). Perangkat pembelajaran Draf 1 merupakan hasil rancangan awal perangkat pembelajaran. Pada kegiatan awal tahap pengembangan (Develop), draf 1 divalidasi oleh penilai ahli (validator).. Analisis penilaian ahli digunakan sebagai acuan merevisi draf 1 tersebut dan apabila tidak terdapat revisi maka didapatkan perangkat pembelajaran draf 2. Sebelum dilakukan uji coba perangkat pembelajaran di lapangan, terlebih dahulu dilakukan uji coba keterbacaan terhadap draf 2, analisis hasil uji coba keterbacaan digunakan sebagai pijakan untuk merevisi draf 2 menjadi draf 3. Selanjutnya, draf 3 diuji cobakan dilapangan. Jika uji coba dinyatakan efektif maka Perangkat pembelajaran yang dihasilkan adalah perangkat pembelajaran draf 4. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini adalah rencana pembelajaran (RP) dan lembar kerja siswa (LKS).
id IOS4109.9472
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2017-03-21T02:41:27Z
last_indexed 2017-03-21T02:41:27Z
recordtype dc
_version_ 1675924144045162496
score 17.538404