PENGARUH KREDO “COMMITTED 2 U” TERHADAP TINGKAT LOYALITAS PELANGGAN TELKOM( Studi kasus pada pelanggan Telkom Flexi Kancatel Kepanjen Malang )

Main Author: ALFIDA, RINI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2006
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/5956/1/PENGARUH_KREDO.pdf
http://eprints.umm.ac.id/5956/
Daftar Isi:
  • Keywords: Kredo Committed 2 U dan Loyalitas Pelanggan Penelitian ini dilakukan di PT Telkom Kepanjen Malang dengan obyek penelitian pada pelanggan Telkom Flexi bulan Agustus 2005, dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kredo Committed 2 U terhadap tingkat loyalitas pelanggan Telkom dan untuk mengetahui besarnya pengaruh kredo Committed 2 U terhadap tingkat loyalitas pelanggan Telkom. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Abraham Maslow yang mengemukakan suatu teori yang disebut teori kebutuhan yaitu motivasi manusia senantiasa menggerakkan kepada pemenuhan akan kebutuhan yang bersifat salah satunya adalah kebutuhan yang ke lima yaitu kebutuhan akan kepuasan. Asal munculnya kepuasan itu berasal dari adanya motif yang ada pada diri seseorang dan akan mewujudkan suatu tindakan atau tingkah laku untuk mencapai sasaran kepuasan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Telkom Flexi (pascabayar) selama bulan Agustus 2005 sebanyak 150 pelanggan, untuk teknik penarikan sample yang digunakan adalah teknik random sampling dengan jumlah sample sebesar 75 pelanggan diambil berdasarkan 50% dari anggota populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Teknik Analisis Regresi Tunggal dengan rumus persamaan ŷ = a + b X. Hasil penelitian ini diperoleh F hitung sebesar 26,462 dan F tabel (5%) sebesar 3,96 karena F hitung 26,462 > F tabel (5%) 3,96 maka hipotesis dalam penelitian ini diterima (Ha). Selanjutnya untuk mengetahui besarnya pengaruh variable (X) kredo Committed 2 U terhadap variabel (Y) tingkat loyalitas pelanggan Telkom adalah dengan menggunakan rumus determinasi (r2) X 100, sehingga diketahui besarnya pengaruh adalah 26,6%. Sedangkan untuk mengetahui naik turunnya tingkat loyalitas pelanggan menggunakan persamaan regresi linier Y = 7,434+0,850.X yang berarti peningkatan 1% kredo Committed 2 U akan menyebabkan peningkatan tingkat loyalitas pelanggan Telkom sebesar 85%. Dengan berdasarkan pada persamaan regresi tersebut, dapat dianalisis bahwa pengaruh antara kredo Committed 2 U terhadap tingkat loyalitas pelanggan Telkom yang ditimbulkan adalah positif.