PENGARUH DAYA TARIK WAHANA WISATA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PENGUNJUNG TAMAN REKREASI SENGKALING UMM)
Main Author: | DEWANTO, DENA APSARI PUTRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/50301/1/PENDAHULUAN.pdf http://eprints.umm.ac.id/50301/2/BAB%20I%20baru.pdf http://eprints.umm.ac.id/50301/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umm.ac.id/50301/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umm.ac.id/50301/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umm.ac.id/50301/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umm.ac.id/50301/7/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umm.ac.id/50301/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik wahana wisata dan kualitas layanan dengan melihat kepuasan pengunjung terkait hal tersebut dalam loyalitas pengunjung pada Taman Rekreasi Sengkaling UMM. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplantif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah 150 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Alat analisis yang digunakan asumsi klasik dan analisis jalur. Hasil asumsi klasik menunjukkan bahwa seluruh residu variabel daya tarik wahana wisata, kualitas layanan, kepuasan pengunjung, dan loyalitas pengunjung berada pada garis normal. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa kepuasan pengunjung terbukti memediasi hubungan daya tarik wahana wisata dan kualitas layanan terhadap loyalitas pengunjung. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dan Sobel. Hasil uji t menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan positif antara daya tarik wahana wisata dengan loyalitas pengunjung. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan positif antara kualitas layanan dengan loyalitas pengunjung. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan positif antara kepuasan pengunjung dengan loyalitas pengunjung. Hasil uji Sobel menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan positif keputusan pengunjung memediasi daya tarik wahana wisata dengan loyalitas pengunjung. Hasil uji Sobel menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan positif keputusan pengunjung memediasi kualitas layanan dengan loyalitas pengunjung.