STRATEGI PENGGUNAAN INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN IMAGE PERUSAHAAN (Studi Pada Media Online Viota Boutique Malang)
Main Author: | RAHAYU, DESI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/46015/1/jiptummpp-gdl-desirahayu-46597-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/46015/3/jiptummpp-gdl-desirahayu-46597-2-babire-i.pdf http://eprints.umm.ac.id/46015/5/jiptummpp-gdl-desirahayu-46597-3-babiir-i.pdf http://eprints.umm.ac.id/46015/6/jiptummpp-gdl-desirahayu-46597-4-babiii-i.pdf http://eprints.umm.ac.id/46015/ |
Daftar Isi:
- Membangun citra perusahaan membutuhkan proses yang panjang, karena citra perusahaan dibentuk oleh masyarakat, dari upaya komunikasi dan keterbukaan perusahaan dalam usaha membangun citra yang positif. Dengan berpindahnya pemasaran pada media online memunculkan adanya fenomena baru dalam strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial Instagram. Saat ini, Instagram menjadi salah satu media sosial yang dapat digunakan sebagai strategi dalam membangun citra perusahaan. Hal ini yang melatar belakangi peneliti untuk meneliti bagaimana strategi penggunaan instagram oleh Viota Boutique dalam membangun image tokonya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi penggunaan Instagram Viota Boutique dalam membangun image di Media Online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif dan dasar studi lapang. Pemilik dan seluruh karyawan Viota Boutique sebanyak 4 orang menjadi subjek penelitian, sedangkan pelanggan Viota Boutique sebanyak 5 orang menjadi informan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman (pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan penyajian kesimpulan) dengan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik atau metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Viota Boutique telah menerapkan beberapa strategi melalui Instagramnya, yakni melakukan promosi penjualan, menawarkan produk-produk khusus impor, menggunakan endorse model, meng-upload gambar sesuai kondisi yang sebenarnya, dan membatasi jumlah barang untuk setiap jenisnya. Penerapan strategi-strategi tersebut terbukti telah berhasil meningkatkan image Viota Boutique, yang ditunjukkan oleh beberapa pencapaian, yakni semakin dikenalnya Viota Boutique oleh masyarakat, semakin banyaknya follower yang dimiliki, dan semakin meningkatnya volume penjualan yang diperoleh. Viota Boutique telah cukup berhasil menciptakan nilai dan kepercayaan bagi pelanggannya. Hal ini sesuai dengan visi Viota Boutique yaitu menjadi toko/butik yang bisa melayani semua kebutuhan pelanggan, dengan menawarkan produk-produk berkualitas, trendy, dan harga terjangkau, sehingga pelanggan bisa merasa puas dan loyal.