STRATEGI PEMILIHAN ENDORSER DALAM UPAYA PROMOSI PRODUK HIJAB OLEH ONLINE SHOP DI INSTAGRAM Studi Pada Owner Online Shop Anggrek Hijab, Arascraf, Hijab House by Windy dan Rumah Daisy
Main Author: | Demirasari, Ardita Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/45999/1/jiptummpp-gdl-arditaputr-46602-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/45999/2/jiptummpp-gdl-arditaputr-46602-2-babipdf.pdf http://eprints.umm.ac.id/45999/3/jiptummpp-gdl-arditaputr-46602-3-babiip-f.pdf http://eprints.umm.ac.id/45999/4/jiptummpp-gdl-arditaputr-46602-4-babiii-f.pdf http://eprints.umm.ac.id/45999/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini didasari atas online shop yang menggunakan jasa celebrity endorser dalam upaya mempromosikan produk hijab, diantaranya yaitu Anggrek Hijab, Arascarf, Hijab House by Windy dan Rumah Daisy yang menggunakan jasa celebrity endorser, mengingat celebrity endorsement memiliki keahlian sesuai dengan harapan pemilik online shop terkait. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori komunikasi pemasaran Terence A. Shimp (2003: 4) yang menjelaskan bahwa komunikasi pemasaran adalah aspek penting dalam keseluruhan misi pemasaran serta penentu suksesnya pemasaran serta kategori atribut endorser: source credibility dan source attractiveness dalam buku Belch and Belch (2001: 170-183). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif serta teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Serta menggunakan uji keabsahan data dengan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan dalam memilih endorser, online shop melihat kredibilitas selebgram menjadi aspek utama. Selain itu endorser yang memiliki keahlian dalam fashion akan lebih persuasif sebagai spokeperson. Kualitas foto dan jumlah followers juga menjadi pertimbangan online shop dalam memilih endorser. Dampak yang diterima online shop adalah peningkatan jumlah followers, pemesan produk dan pendapatan.