Analisis Model Creative Learning dalam Berpikir Kritis pada Mata Kuliah Profesi Keguruan Profesi Keguruan
Main Authors: | Susanti, Reni Dwi, Suwandayani, Beti Istanti, Soenaryo, Siti Fatimah |
---|---|
Format: | BookSection PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Kanjuruhan Malang
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/45184/18/Peer%20Review%20-%20Suwandayani%20-%20Model%20Pembelajaran%20Creative%20Learning%20Berpikir%20Kritis.pdf http://eprints.umm.ac.id/45184/19/Similarity%20-%20Susanti%20Suwandayani%20Soenaryo%20-%20Model%20Pembelajaran%20Creative%20Learning%20Berpikir%20Kritis.pdf http://eprints.umm.ac.id/45184/20/Susanti%20Suwandayani%20Soenaryo%20-%20Model%20Pembelajaran%20Creative%20Learning%20Berpikir%20Kritis.pdf http://eprints.umm.ac.id/45184/ https://semnas.unikama.ac.id/pgsd/?c=artikel&m=arsip&tahun=2018 |
ctrlnum |
45184 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/45184/</relation><title>Analisis Model Creative Learning dalam Berpikir Kritis pada Mata Kuliah Profesi Keguruan Profesi Keguruan</title><creator>Susanti, Reni Dwi</creator><creator>Suwandayani, Beti Istanti</creator><creator>Soenaryo, Siti Fatimah</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model creative learning dalam berpikir kritis mahasiswa di mata kuliah profesi keguruan, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambatnya, serta mendeskripsikan upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi faktor penghambat tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran ini dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah pembelajaran, yaitu orientasi, eksplorasi, interpretasi, rekreasi dan evaluasi. Faktor pendukung dalampembelajaran ini adalah tingkat disiplin mahasiswa, kerjasama mahasiswa dalam baik secara
individu maupun kelompok, dan latar belakang yang dimiliki oleh dosen pengampu. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kemauan mahasiswa membaca berbagai sumber
masih kurang. Sehingga upaya yang dilakukan adalah dengan cara memberikan batasan minimal dalam mencari referensi.</description><publisher>Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Kanjuruhan Malang</publisher><date>2018-12</date><type>Book:BookSection</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/45184/18/Peer%20Review%20-%20Suwandayani%20-%20Model%20Pembelajaran%20Creative%20Learning%20Berpikir%20Kritis.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/45184/19/Similarity%20-%20Susanti%20Suwandayani%20Soenaryo%20-%20Model%20Pembelajaran%20Creative%20Learning%20Berpikir%20Kritis.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/45184/20/Susanti%20Suwandayani%20Soenaryo%20-%20Model%20Pembelajaran%20Creative%20Learning%20Berpikir%20Kritis.pdf</identifier><identifier> Susanti, Reni Dwi and Suwandayani, Beti Istanti and Soenaryo, Siti Fatimah (2018) Analisis Model Creative Learning dalam Berpikir Kritis pada Mata Kuliah Profesi Keguruan Profesi Keguruan. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Tahun 2018 "Pengembangan Karakter Melalui Pembelajaran Digital di Era Industri 4.0". Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Kanjuruhan Malang, Malang, pp. 109-118. </identifier><relation>https://semnas.unikama.ac.id/pgsd/?c=artikel&m=arsip&tahun=2018</relation><recordID>45184</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Book:BookSection Book PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book |
author |
Susanti, Reni Dwi Suwandayani, Beti Istanti Soenaryo, Siti Fatimah |
title |
Analisis Model Creative Learning dalam Berpikir Kritis pada Mata Kuliah Profesi Keguruan Profesi Keguruan |
publisher |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Kanjuruhan Malang |
publishDate |
2018 |
topic |
LB1501 Primary Education |
url |
http://eprints.umm.ac.id/45184/18/Peer%20Review%20-%20Suwandayani%20-%20Model%20Pembelajaran%20Creative%20Learning%20Berpikir%20Kritis.pdf http://eprints.umm.ac.id/45184/19/Similarity%20-%20Susanti%20Suwandayani%20Soenaryo%20-%20Model%20Pembelajaran%20Creative%20Learning%20Berpikir%20Kritis.pdf http://eprints.umm.ac.id/45184/20/Susanti%20Suwandayani%20Soenaryo%20-%20Model%20Pembelajaran%20Creative%20Learning%20Berpikir%20Kritis.pdf http://eprints.umm.ac.id/45184/ https://semnas.unikama.ac.id/pgsd/?c=artikel&m=arsip&tahun=2018 |
contents |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model creative learning dalam berpikir kritis mahasiswa di mata kuliah profesi keguruan, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambatnya, serta mendeskripsikan upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi faktor penghambat tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran ini dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah pembelajaran, yaitu orientasi, eksplorasi, interpretasi, rekreasi dan evaluasi. Faktor pendukung dalampembelajaran ini adalah tingkat disiplin mahasiswa, kerjasama mahasiswa dalam baik secara
individu maupun kelompok, dan latar belakang yang dimiliki oleh dosen pengampu. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kemauan mahasiswa membaca berbagai sumber
masih kurang. Sehingga upaya yang dilakukan adalah dengan cara memberikan batasan minimal dalam mencari referensi. |
id |
IOS4109.45184 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Malang |
institution_id |
136 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang |
library_id |
546 |
collection |
UMM Institutional Repository |
repository_id |
4109 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
repoId |
IOS4109 |
first_indexed |
2019-05-07T01:47:49Z |
last_indexed |
2019-05-07T01:47:49Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1675924509425664000 |
score |
17.538404 |