ANALISIS BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA PADA PT. TELKOM INDONESIA TBK
Main Author: | Prakoso, Dieki Hary |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/44894/1/jiptummpp-gdl-diekiharyp-43427-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/44894/2/jiptummpp-gdl-diekiharyp-43427-2-babifix.pdf http://eprints.umm.ac.id/44894/3/jiptummpp-gdl-diekiharyp-43427-3-babiif-x.pdf http://eprints.umm.ac.id/44894/4/jiptummpp-gdl-diekiharyp-43427-4-babiii-x.pdf http://eprints.umm.ac.id/44894/ |
Daftar Isi:
- Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kinerja PT. Telkom Indonesia Tbk berdasarkan metode balanced scorecard. Metode pengumpulan data adalah dengan melakukan dokumentasi dan studi pustaka. Kemudian dari data-data tersebut dilakukan suatu analisis terhadap kinerja perusahaan dengan metode balanced scorecard. Tolok ukur yang digunakan untuk mengukur kinerja melalui empat perspektif dalam balanced scorecard adalah perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan proses pembelajaran dan pertumbuhan. Berdasarkan analisis tersebut, kinerja perusahaan dari perspektif keuangan cukup baik ditunjukkan naiknya current ratio, turunnya likuiditas yang mempengaruhi debt to equity ratio, dan return on invesment yang menunjukkan angka positif. Dari perspektif pelanggan juga cukup baik dilihat dari customer acquitition dan customer retention yang cukup tinggi. Dari perspektif proses bisnis internal perusahaan cukup bagus karena terus menyempurnakan produk dan layanan purna jual untuk memberikan kenyamanan dan perlindungan konsumen. Dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan kinerja perusahaan adalah baik. Ditunjukkan penurunan retensi karyawan dan meningkatnya produktivitas karyawan. Balanced scorecard merupakan suatu pengukuran kinerja yang memberikan informasi secara menyeluruh dan sebaiknya diterapkan dalam perusahaan.