PLAY THERAPY UNTUK MENGURANGI AGRESIVITAS PADA ANAK LAKI-LAKI USIA SEKOLAH DASAR
Main Author: | Ekasetiawati, Dian Nur Andriani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/43589/1/jiptummpp-gdl-diannurand-48386-1-skripsi-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/43589/ |
Daftar Isi:
- Agresivitas dapat diartikan sebagai perilaku yang bersifat untuk menyakiti seseorang melalui tindakan fisik, verbal, kemarahan dan permusuhan. Tema ini menarik untuk dibahas ketika pelaku dari agresivitas tersebut adalah anak-anak yang sedang berada di tahap perkembangan kanak-kanak pertengahan dan akhir yang dilakukan di lingkungan sekolah, mengingat sekolah seharusnya menjadi wadah untuk anak belajar menerapkan karakter atau kepribadian yang baik. Tingkat agresivitas yang tinggi dapat diatasi dengan pemberian terapi bermain (play therapy). Play therapy secara langsung berkaitan dengan agresivitas dilihat dari fungsi play therapy yaitu mengembangkan perkembangan psikososial dan moral anak, dimana agresivitas sendiri adalah permasalahan yang berkaitan dengan perilaku sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa efektivitas play therapy dalam rangka menurunkan agresivitas pada anak laki-laki usia sekolah dasar. Pengambilan data menggunakan metode purposive sampling yaitu anak laki-laki dengan usia 9-11 tahun yang memiliki tingkat agresivitas yang tinggi pada hasil questioner agresivitas dengan jumlah subjek sebanyak 7 orang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Hasil penelitian yang dianalisis menggunakan SPSS 21 dengan uji wilcoxon menunjukan adanya perbedaan pada tingkat agresivitas yang menurun (Z = -2.366; p = 0.018<0.05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa play therapy dapat digunakan untuk menurunkan agresivitas pada anak.