PLAY THERAPY UNTUK MENGURANGI AGRESIVITAS PADA ANAK LAKI-LAKI USIA SEKOLAH DASAR

Main Author: Ekasetiawati, Dian Nur Andriani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/43589/1/jiptummpp-gdl-diannurand-48386-1-skripsi-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/43589/
ctrlnum 43589
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/43589/</relation><title>PLAY THERAPY UNTUK MENGURANGI AGRESIVITAS PADA ANAK LAKI-LAKI USIA SEKOLAH DASAR</title><creator>Ekasetiawati, Dian Nur Andriani</creator><subject>BF Psychology</subject><description>Agresivitas dapat diartikan sebagai perilaku yang bersifat untuk menyakiti seseorang melalui tindakan fisik, verbal, kemarahan dan permusuhan. Tema ini menarik untuk dibahas ketika pelaku dari agresivitas tersebut adalah anak-anak yang sedang berada di tahap perkembangan kanak-kanak pertengahan dan akhir yang dilakukan di lingkungan sekolah, mengingat sekolah seharusnya menjadi wadah untuk anak belajar menerapkan karakter atau kepribadian yang baik. Tingkat agresivitas yang tinggi dapat diatasi dengan pemberian terapi bermain (play therapy). Play therapy secara langsung berkaitan dengan agresivitas dilihat dari fungsi play therapy yaitu mengembangkan perkembangan psikososial dan moral anak, dimana agresivitas sendiri adalah permasalahan yang berkaitan dengan perilaku sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa efektivitas play therapy dalam rangka menurunkan agresivitas pada anak laki-laki usia sekolah dasar. Pengambilan data menggunakan metode purposive sampling yaitu anak laki-laki dengan usia 9-11 tahun yang memiliki tingkat agresivitas yang tinggi pada hasil questioner agresivitas dengan jumlah subjek sebanyak 7 orang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Hasil penelitian yang dianalisis menggunakan SPSS 21 dengan uji wilcoxon menunjukan adanya perbedaan pada tingkat agresivitas yang menurun (Z = -2.366; p = 0.018&lt;0.05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa play therapy dapat digunakan untuk menurunkan agresivitas pada anak.</description><date>2017-05</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/43589/1/jiptummpp-gdl-diannurand-48386-1-skripsi-n.pdf</identifier><identifier> Ekasetiawati, Dian Nur Andriani (2017) PLAY THERAPY UNTUK MENGURANGI AGRESIVITAS PADA ANAK LAKI-LAKI USIA SEKOLAH DASAR. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>43589</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ekasetiawati, Dian Nur Andriani
title PLAY THERAPY UNTUK MENGURANGI AGRESIVITAS PADA ANAK LAKI-LAKI USIA SEKOLAH DASAR
publishDate 2017
topic BF Psychology
url http://eprints.umm.ac.id/43589/1/jiptummpp-gdl-diannurand-48386-1-skripsi-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/43589/
contents Agresivitas dapat diartikan sebagai perilaku yang bersifat untuk menyakiti seseorang melalui tindakan fisik, verbal, kemarahan dan permusuhan. Tema ini menarik untuk dibahas ketika pelaku dari agresivitas tersebut adalah anak-anak yang sedang berada di tahap perkembangan kanak-kanak pertengahan dan akhir yang dilakukan di lingkungan sekolah, mengingat sekolah seharusnya menjadi wadah untuk anak belajar menerapkan karakter atau kepribadian yang baik. Tingkat agresivitas yang tinggi dapat diatasi dengan pemberian terapi bermain (play therapy). Play therapy secara langsung berkaitan dengan agresivitas dilihat dari fungsi play therapy yaitu mengembangkan perkembangan psikososial dan moral anak, dimana agresivitas sendiri adalah permasalahan yang berkaitan dengan perilaku sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa efektivitas play therapy dalam rangka menurunkan agresivitas pada anak laki-laki usia sekolah dasar. Pengambilan data menggunakan metode purposive sampling yaitu anak laki-laki dengan usia 9-11 tahun yang memiliki tingkat agresivitas yang tinggi pada hasil questioner agresivitas dengan jumlah subjek sebanyak 7 orang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Hasil penelitian yang dianalisis menggunakan SPSS 21 dengan uji wilcoxon menunjukan adanya perbedaan pada tingkat agresivitas yang menurun (Z = -2.366; p = 0.018<0.05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa play therapy dapat digunakan untuk menurunkan agresivitas pada anak.
id IOS4109.43589
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2019-05-07T01:47:17Z
last_indexed 2019-05-07T01:47:17Z
recordtype dc
_version_ 1675924503045079040
score 17.538404