STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN SOSIAL SISWA REGULER TERHADAP SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR INKLUSI
Main Author: | Komariya, Faridotul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/43585/1/jiptummpp-gdl-faridotulk-48391-1-faridotu-1.pdf http://eprints.umm.ac.id/43585/ |
Daftar Isi:
- Penerimaan sosial siswa reguler merupakan salah satu faktor penting dalam menerap pendidikan sekolah dasar inklusi. Berdasarkan hal tersebut, penerimaan sosial menjadi tema yang cukup menarik bagi peneliti. Peneliti memilih storytelling untuk meningkatkan penerimaan sosial, sehingga tujuan dari penelitian ini ialah meningkatkan penerimaan sosial siswa reguler kepada siswa berkebutuhan khusus melalui storytelling. Penelitian ini ialah penelitian quasi experiment dengan pretest posttest group design. Hasil analisis paired sample t-test menunjukkan p < 0,05 (p = 0,000 dapat dikatakan terjadi perbedaan, yaitu meningkatnya penerimaan sosial sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Berdasarkan analisis independent sample t-test diperoleh p < 0,005 (p = 0,000) dapat dikatakan bahwa storytelling berpengaruh signifikan terhadap penerimaan sosial siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus.