STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL (Studi pada Siswa Kelas V MI Hasyim Asy’ari, Dampit, Malang)
Main Author: | Aisyah, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/43508/1/jiptummpp-gdl-sitiaisyah-46907-1-skripsi-a.pdf http://eprints.umm.ac.id/43508/ |
Daftar Isi:
- Moral merupakan seperangkat keyakinan dalam suatu masyarakat berkaitan dengan karakter atau perilaku yang harus dilakukan oleh seseorang untuk mencapai kehidupan harmonis. Dalam masa perkembangannya, seseorang khususnya anak akan cenderung terpengaruh lingkungan ketika berperilaku dan mengalami penurunan. Maka dari itu, storytelling dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan perkembangan moral pada anak. Sesuai dengan penelitian ini yaitu bertujuan untuk meningkatkan perkembangan moral melalui storytellig pada siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimen dengan teknik non equivalent pretest-posttest control group. Prosedur dalam penelitian ini, subjek diberikan perlakuan dengan mengikuti kegiatan storytelling yang sebelumnya sudah diberikan pretest. Jumlah subjek sebanyak 20 siswa dari MI Hasyim Asy’ari Dampit sebagai kelompok eksperimen dan SD Muhammadiyah 8 Dau menjadi kelompok kontrol yang telah dipilih berdasarkan kategori skor pretest rendah hingga tinggi. Instrumen yang digunakan ialah Skala Perkembangan Moral. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa adanya perbedaan signifikan tingkat perkembangan moral melalui gains score sebesar (t = 2,395) dan (p = 0,028< 0.05). Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa storytelling dapat meningkatkan perkembangan moral siswa kelas V MI Hasyim Asy’ari.