KONSTRUKSI MAKNA TANDA PERDAMAIAN PADA IKLAN COCA COLAVERSI OFFICIAL PARTNER FIFA WORLD CUP 2006 (Suatu Analisa Semiotika)
Main Author: | Armanto, Fandi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/4334/1/KONSTRUKSI_MAKNA_TANDA_PERDAMAIAN_PADA_IKLAN_COCA_COLAVERSI_OFFICIAL_PARTNER_FIFA_WORLD_CUP_2006.pdf http://eprints.umm.ac.id/4334/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini didasari atas fenomena suatu produk barang atau jasa yang menjadi sponsor FIFA World Cup yang banyak menarik perhatian orang diseluruh dunia sebagai sarana periklanan. Produk minuman ringan Coca Cola kembali mensponsori piala dunia 2006 Jerman yang sudah menjadi langganan FIFA untuk menjadi official partner sejak tahun 1978, selain membuat iklan televisinya dengan judul rivalidades sebagai bentuk periklanannya. Iklan animasi tiga dimensi ini menampilkan karakterkarakter saling berlawanan di setiap scenenya. Semua karakter pada iklan sebenarnya mempunyai konflik tetapi semua karakterkarakter ini samasama menonton atau mendengarkan siaran pertandingan sepak bola, namun ketika gol terjadi semua karakter justru saling berangkulan dan jauh dari tindakan konflik. Sehingga secara sekilas tema dari iklan rivalidades ini adalah perdamaian, yang ditandai dengan aksi berpelukan diantara karakter saling berlawanan. Maka penelitian ini tertarik untuk menganalisis makna perdamaian yang ada pada iklan Coca Cola veri Official Partner FIFA World Cup 2006. Iklan rivalidades terdiri dari delapan scene yang memuat 13 karakter di dalamnya. Setiap scene ada dua karakter saling berlawanan kecuali scene 7 ada 3 dan scene 8 yang hanya menampilkan still image. Karakterkarakter yang sedang berkonflik ini adalah perumpamaan dari ciriciri bentuk dan sikap supporter ketika menonton pertandingan sepak bola di stadion dan mengarah ke tindakan konflik. Konflik yang terjadi pada setiap karakter diberi penekanan oleh kreator iklan ketika gol terjadi di siaran pertandingan sepak bola. Justru karakterkarakter ini saling berpelukan yang peneliti lihat sebagai tindakan damai dari karakterkarakter yang sebenarnya bermusuhan. Sehingga konstruksi perdamaian membentuk iklan ini, yang tandanya dilihatkan dari perdamaian dari karakter yang saling bertentangan. Konflikkonflik ini adalah hal yang harus dihindari ketika piala dunia bergulir saling memeluk erat adalah sebuah metafora kepada supporter untuk mengusung perdamaian pada World Cup 2006. Ruang lingkup penelitian ini adalah semua scene yang ada pada iklan rivalidades, terutama karakter yang mengisi di setiap scene. Untuk penelitian unit analisisnya adalah semua scene baik dari segi visual, audio, setting yang ada pada iklan terutama dari segi karakter yang saling berlawanan yang mengisi di setiap scene, karena setiap scene menampilkan karakter sebagai wujud konflik yang terjadi pada supporter yang akhirnya dapat berdamai ketika momen gol terjadi. Peneliti tidak membatasi dalam mencari makna perdamaian pada iklan tetapi hanya membuat fokus penelitian ini pada semua makna perdamaian yang terdapat pada iklan Rivalidades Coca Cola untuk mencari tahu maknayang lebih dalam lagi dari makna tersembunyi pada iklan ini yang merupakan interpretasi kita sendiri. Data yang ada kemudian diinterpretasikan sesuai dengan teori semiotika Barthes dan Pierce. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan analisa semiotik interpretatif, selain itu untuk menunjang hasil analisis data dilakukan studi kepustakaan. Dari keseluruhan hasil temuan yang diperoleh dalam penelitian ini, peneliti dapat menyimpulkan bahwa makna perdamaian iklan rivalidades merupakan kampanye iklan yang mendukung tema world cup FIFA 2006, yakni menciptakan persahabatan dan membuang rasisme di sepak bola. Makna perdamaian digambarkan dengan perdamaian yang dilakukan oleh karakterkarakter yang sebenarnya bertentangan di setiap scene, perdamaian ini lebih ditujukan kepada supporter dari berbagai etnis dan budaya yang berbeda dari setiap negara, sehingga bujukan untuk supportersupporter ini akan mengusung perdamaian saat mendukung timnya bertanding ketika berada di tribun stadion. Perdamaian ini terjadi pada ruang lingkup konflik yang kerap kali terjadi pada supporter yang bentuknya diumpamakan oleh konflik yang terjadi di setiap karakter. Akan tetapi sifat yang saling berlawanan ini harus tetap bisa menjaga ketertiban demi mengusung persaingan yang damai, layaknya karakter yang menghentikan konfliknya ketika adanya gol. Perdamaian akan menjadikan kompetisi ini akan berakhir indah dan jauh dari konflik, walaupun sulit untuk dilakukan dalam kenyataannya. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian, pertama, saran secara praktis yakni kepada pemirsa iklan televisi agar untuk untuk dapat memahami sebuah iklan, kita harus mengetahui tentang maksud isi pesan dari iklan tersebut secara lebih mendalam. Kedua, saran secara akademis agar diperbanyak penelitian tentang analisis semiotika terhadap iklan yang dibuat dengan animasi terutama iklan yang mempunyai tujuan ganda yang berguna untuk mengetahui makna dibalik pembuatan iklan itu.