ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN TELEVISI TRAVELOKA VERSI TRAVELING MENGGUNAKAN DIRECT RATING METHOD (DRM) MENURUT KONSUMEN DI KOTA MALANG (Studi pada Mahasiswa di Kota Malang)

Main Author: Hizbullah, Rizqi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/39484/1/jiptummpp-gdl-rizqihizbu-50991-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39484/2/jiptummpp-gdl-rizqihizbu-50991-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39484/3/jiptummpp-gdl-rizqihizbu-50991-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39484/4/jiptummpp-gdl-rizqihizbu-50991-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39484/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif iklan televisi Traveloka versi traveling menggunakan Direct Rating Method (DRM) menurut konsumen di kota Malang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Metode Penentuan Peringkat Langsung atau Direct Rating Method. Penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa yang sedang berada atau domisili Malang. Sampel dalam penelitian ini diambil 115 orang yang berusia 18-24 dan pernah melihat iklan televisi Traveloka versi traveling. Hasil penelitian ini dengan menggunakan DRM (direct rating method) terhadap iklan Traveloka versi traveling sudah masuk ke dalam kriteria iklan efektif dan menunjukkan bahwa iklan tersebut telah berhasil dalam menarik perhatian (attention), pemahaman (readthrougness), respon kognitif (cognitive), respon afektif (affection) dan sikap (behaviour) terhadap produk Traveloka. Responden menilai bahwa iklan televisi Traveloka versi traveling telah mampu menarik perhatian, memberikan pemahaman, membuat konsumen terkesan, meyakinkan konsumen bahkan menjadikan Traveloka sebagai pilihan utama dalam bidang online travel agents.