LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN INTEGRASI IMPORTANCE PERFORMANCE ANALISIS (IPA),MODEL KANO DAN HOUSE OF QUALITY (HOQ) (Studi kasus RSUD. Mardi Waluyo Blitar)
Main Author: | DEWI, LUTFIANA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/37567/1/jiptummpp-gdl-lutfianade-50682-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/37567/2/jiptummpp-gdl-lutfianade-50682-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/37567/3/jiptummpp-gdl-lutfianade-50682-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/37567/4/jiptummpp-gdl-lutfianade-50682-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/37567/ |
Daftar Isi:
- Kualitas merupakan tingkat baik buruknya sesuatu, kualitas pelayanan berbanding lurus dengan kepuasan konsumen. Karena bergerak dalam bidang medis rumah sakit dituntut harus memberikan pelayanan yang terbaik terhadap pasiennya, namun terdapat beberapa atribut pelayanan yang belum optimal, oleh karena itu diperlukan upaya untuk mengoptimalkan atribut tersebut untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi atribut-atribut kualitas pada pelayan rawat inap serta mengetahui atribut yang diprioritaskan untuk dilakukan perbaikan dengan mengintegrasikan importance performance analysis (IPA) -dan Model kano, serta usulan perbaikan atribut menggunakan house of quality (HOQ). Pada pengolahan yang sudah dilakukan dari 27 atribut Dari 15 atribut yang menjadi prioritas perbaikan terdapat 16 usulan perbaikan yang diberikan, dan dari 16 usulan perbaikan (respont teknis) hanya 9 yang akan diterapkan karena memiliki persentase diatas rata-rata yaitu > 6,25% diantaranya Memberikan pelatihan SDM rumah sakit agar profesional dibidangnya, Memberikan Pembekalan terkait penanganan dan kebutuhan spesifik pasien, Menejemen pelayanan melakukan pengecekan fasilitas yang diberikan pada pasien, Pengadaan customer service yang bersedia menjadi penghubung pasien dengan dokter dan perawat, Suplay obat diperbanyak jenisnya sesuai dengan resep dokter, Melakukan penjadwalan pengecekan peralatan di ruang rawat inap, Memperketat seleksi perekrutan tenaga medis, Merekrut dokter spesialis yang belum ada dirumah sakit, Pendampingan dan pengarahan konsumen saat melakukan proses administrasi oleh satpam/petugas.