ctrlnum 37290
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/37290/</relation><title>ANALISIS BUDAYA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 4 KOTA BATU</title><creator>ASTUTI, ARYANTI DWI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Dalam pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah, siswa diharapkan memiliki kemampuan yang baik di bidang ilmu pengetahuan baik dalam akhlak dan perilakunya. Salah satu sekolah yang memberikan perhatian lebih terhadap pengembangan karakter religius terhadap siswanya adalah SD Muhammadiyah 4 Batu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk budaya sekolah dalam pengembangan karakter religius, pelaksanaan, daya dukung dan kendala budaya sekolah dalam pengembangan karakter religius di SD Muhammadiyah 4 Batu.&#xD; &#xD; Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu dengan mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan (Verifikasi).&#xD; &#xD; Hasil penelitian menunjukkan di SD Muhammadiyah 4 Batu terdapat beberapa kegiatan pembiasaan yang diterapkan di sekolah, diantaranya pembiasaan membaca surat pendek, Baca Tulis Al-Qur'an, peringatan hari besar Islam, berdo'a, dzikir pendek, shalat dhuha, shalat dhuhur berjama'ah, beramal, dan pembiasaan As-Sunnah. Pelaksanaan budaya sekolah dalam pengembangan karakter religius pada siswa diatur dalam kurikulum dan kalender pendidikan sekolah.&#xD; &#xD; Kesimpulan penelitian ini adalah bentuk budaya sekolah dalam pengembangan karakter religius dilaksanakan melalui proses keimanan, ibadah, akhlak. Bentuk keteladanan yang diberikan oleh guru adalah ikut serta dalam kegiatan siswa. Daya dukung pelaksanaannya adalah program sekolah dan kepercayaan wali murid kepada sekolah. Sedangkan kendala pelaksanaannya adalah sebagian program sekolah belum bisa berjalan secara kontinuitas, latar belakang wali murid yang beragam, dan kurangnya sosialisasi mengenai budaya sekolah kepada wali murid.&#xD; &#xD; Peneliti memberikan saran kepada peneliti selanjutnya diharapkan lebih mempersiapkan diri dalam proses pengambilan dan pengumpulan data. Serta ditunjang dengan wawancara dengan sumber yang kompeten dalam kajian budaya sekolah dan pendidikan karakter religius. Peneliti juga diharapkan untuk mengkaji lebih banyak sumber maupuan referensi yang terkait dengan budaya sekolah maupun pendidikan karakter terutama karakter religius agar hasil penelitian selanjutnya dapat lebih baik dan lebih lengkap lagi.</description><date>2017-05-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/37290/1/jiptummpp-gdl-aryantidwi-50865-1-pendahul-n.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/37290/2/jiptummpp-gdl-aryantidwi-50865-2-babi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/37290/4/jiptummpp-gdl-aryantidwi-50865-3-babii.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/37290/3/jiptummpp-gdl-aryantidwi-50865-4-babiii.pdf</identifier><identifier> ASTUTI, ARYANTI DWI (2017) ANALISIS BUDAYA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 4 KOTA BATU. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>37290</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ASTUTI, ARYANTI DWI
title ANALISIS BUDAYA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 4 KOTA BATU
publishDate 2017
topic L Education (General)
url http://eprints.umm.ac.id/37290/1/jiptummpp-gdl-aryantidwi-50865-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/37290/2/jiptummpp-gdl-aryantidwi-50865-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/37290/4/jiptummpp-gdl-aryantidwi-50865-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/37290/3/jiptummpp-gdl-aryantidwi-50865-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/37290/
contents Dalam pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah, siswa diharapkan memiliki kemampuan yang baik di bidang ilmu pengetahuan baik dalam akhlak dan perilakunya. Salah satu sekolah yang memberikan perhatian lebih terhadap pengembangan karakter religius terhadap siswanya adalah SD Muhammadiyah 4 Batu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk budaya sekolah dalam pengembangan karakter religius, pelaksanaan, daya dukung dan kendala budaya sekolah dalam pengembangan karakter religius di SD Muhammadiyah 4 Batu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu dengan mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan (Verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan di SD Muhammadiyah 4 Batu terdapat beberapa kegiatan pembiasaan yang diterapkan di sekolah, diantaranya pembiasaan membaca surat pendek, Baca Tulis Al-Qur'an, peringatan hari besar Islam, berdo'a, dzikir pendek, shalat dhuha, shalat dhuhur berjama'ah, beramal, dan pembiasaan As-Sunnah. Pelaksanaan budaya sekolah dalam pengembangan karakter religius pada siswa diatur dalam kurikulum dan kalender pendidikan sekolah. Kesimpulan penelitian ini adalah bentuk budaya sekolah dalam pengembangan karakter religius dilaksanakan melalui proses keimanan, ibadah, akhlak. Bentuk keteladanan yang diberikan oleh guru adalah ikut serta dalam kegiatan siswa. Daya dukung pelaksanaannya adalah program sekolah dan kepercayaan wali murid kepada sekolah. Sedangkan kendala pelaksanaannya adalah sebagian program sekolah belum bisa berjalan secara kontinuitas, latar belakang wali murid yang beragam, dan kurangnya sosialisasi mengenai budaya sekolah kepada wali murid. Peneliti memberikan saran kepada peneliti selanjutnya diharapkan lebih mempersiapkan diri dalam proses pengambilan dan pengumpulan data. Serta ditunjang dengan wawancara dengan sumber yang kompeten dalam kajian budaya sekolah dan pendidikan karakter religius. Peneliti juga diharapkan untuk mengkaji lebih banyak sumber maupuan referensi yang terkait dengan budaya sekolah maupun pendidikan karakter terutama karakter religius agar hasil penelitian selanjutnya dapat lebih baik dan lebih lengkap lagi.
id IOS4109.37290
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2019-05-07T01:44:37Z
last_indexed 2019-05-07T01:44:41Z
recordtype dc
_version_ 1675924417313505280
score 17.538404