Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Malang Dalam Pembuktian Induksi Matematika
Daftar Isi:
- Makalah ini bertujuan menganalisis kesalahan yang dilakukan mahasiswa pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Malang dalam pembuktian induksi matematika. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester I (satu) 2016/2017. Data yang dikumpul melalui dokumentasi hasil pekerjaan kelompok mahasiswa dianalisis dengan mengkoding dan mengelompokkan kesalahan-kesalahan kelompok subjek. Sedangkan data hasil diskusi (FGD atau kalsikal) dianalisis dengan model alir (model interaktif) Miles & Huberman (1992). Hasil analisis memperlihatkan bahwa kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa adalah kesalahan konsep dan manipulasi aljabar. Kesalahan konsep berkalitan dengan konsep S(n), proses penarikan kesimpulan (generalisasi) dan konsep pembuktian kesamaan dua persamaan. Kesalahan manipulasi aljabar berkaitan dengan penyelesaian operasi bilangan rasional dan "trik” ketika proses pembuktian.