ctrlnum 35535
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/35535/</relation><title>ANALISIS SISTEM FULL DAY SCHOOL UNTUK MEMBANGUN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 4 MALANG</title><creator>PRIHATANTY, ROSIE</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Sistem full day school dilaksanakan guna memfasilitasi siswa dengan aktifitas belajar sehari penuh dengan strategi dan metode yang dapat memberikan pembelajaran aktif dan menyenangkan. Kegiatan pembelajaran sehari penuh dapat membangun kecerdasan interpersonal seperti social sencitivity (kepekaan sosial), social insight (pemahaman sosial) dan social communication (komunikasi sosial). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan sistem full day school untuk membangun kecerdasan interpersonal siswa, (2) peran guru dan pihak sekolah untuk membangun kecerdasan interpersonal siswa, (3) hambatan yang dihadapi guru dan sekolah dalam melaksanakan sistem full day school untuk membangun kecerdasan interpersonal, (4) solusi yang dilakukan dalam mengatasi hambatan yang dihadapi dalam melaksanakan sistem full day school untuk membangun kecerdasan interpersonal.&#xD; &#xD; Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis pelitian deskriptif. Proses pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sumber data adalah kepala sekolah, guru kelas IV A, B dan C, siswa kelas IV A, B dan C SD Muhammadiyah 4 Malang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai dengan April 2017. Adapun analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.&#xD; &#xD; Hasil penelitian meliputi: (1) pelaksanaan sistem full day school untuk membangun kecerdasan interpersonal siswa kelas IV sudah baik, ditunjukkan dengan penanaman sikap social insight (pemahaman sosial) dan social communication (komunikasi sosial) , (2) peran guru dan pihak sekolah yaitu menjadi teladan dan fasilitator bagi siswa berupa nasihat-nasihat dan pembiasaan-pembiasaan, (3) hambatan yang dihadapi guru dan sekolah yaitu perbedaan karakter dan latar belakang keluarga serta kurangnya pemahaman siswa dalam proses pembelajaran, (4) solusi yang dilakukan dalam mengatasi hambatan yang dihadapi dalam melaksanakan sistem full day school untuk membangun kecerdasan interpersonal yaitu sekolah menjalin kerja sama dengan orang tua serta pemberian pembiasaan perilaku yang mencerminkan kecerdasan interpersonal.</description><date>2017-08-05</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/35535/1/jiptummpp-gdl-rosiepriha-48177-1-pendahul-n.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/35535/2/jiptummpp-gdl-rosiepriha-48177-2-babi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/35535/3/jiptummpp-gdl-rosiepriha-48177-3-babii.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/35535/4/jiptummpp-gdl-rosiepriha-48177-4-babiii.pdf</identifier><identifier> PRIHATANTY, ROSIE (2017) ANALISIS SISTEM FULL DAY SCHOOL UNTUK MEMBANGUN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 4 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>35535</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author PRIHATANTY, ROSIE
title ANALISIS SISTEM FULL DAY SCHOOL UNTUK MEMBANGUN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 4 MALANG
publishDate 2017
topic L Education (General)
url http://eprints.umm.ac.id/35535/1/jiptummpp-gdl-rosiepriha-48177-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35535/2/jiptummpp-gdl-rosiepriha-48177-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35535/3/jiptummpp-gdl-rosiepriha-48177-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35535/4/jiptummpp-gdl-rosiepriha-48177-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35535/
contents Sistem full day school dilaksanakan guna memfasilitasi siswa dengan aktifitas belajar sehari penuh dengan strategi dan metode yang dapat memberikan pembelajaran aktif dan menyenangkan. Kegiatan pembelajaran sehari penuh dapat membangun kecerdasan interpersonal seperti social sencitivity (kepekaan sosial), social insight (pemahaman sosial) dan social communication (komunikasi sosial). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan sistem full day school untuk membangun kecerdasan interpersonal siswa, (2) peran guru dan pihak sekolah untuk membangun kecerdasan interpersonal siswa, (3) hambatan yang dihadapi guru dan sekolah dalam melaksanakan sistem full day school untuk membangun kecerdasan interpersonal, (4) solusi yang dilakukan dalam mengatasi hambatan yang dihadapi dalam melaksanakan sistem full day school untuk membangun kecerdasan interpersonal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis pelitian deskriptif. Proses pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sumber data adalah kepala sekolah, guru kelas IV A, B dan C, siswa kelas IV A, B dan C SD Muhammadiyah 4 Malang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai dengan April 2017. Adapun analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian meliputi: (1) pelaksanaan sistem full day school untuk membangun kecerdasan interpersonal siswa kelas IV sudah baik, ditunjukkan dengan penanaman sikap social insight (pemahaman sosial) dan social communication (komunikasi sosial) , (2) peran guru dan pihak sekolah yaitu menjadi teladan dan fasilitator bagi siswa berupa nasihat-nasihat dan pembiasaan-pembiasaan, (3) hambatan yang dihadapi guru dan sekolah yaitu perbedaan karakter dan latar belakang keluarga serta kurangnya pemahaman siswa dalam proses pembelajaran, (4) solusi yang dilakukan dalam mengatasi hambatan yang dihadapi dalam melaksanakan sistem full day school untuk membangun kecerdasan interpersonal yaitu sekolah menjalin kerja sama dengan orang tua serta pemberian pembiasaan perilaku yang mencerminkan kecerdasan interpersonal.
id IOS4109.35535
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2018-01-10T02:42:33Z
last_indexed 2018-01-10T02:42:33Z
recordtype dc
_version_ 1675924408861982720
score 17.538404