PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS JENIS SUMBER DAYA ALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING SISWA KELAS IVDI SDN TEGALGONDO

Main Author: SARI, RATNA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/35502/1/jiptummpp-gdl-ratnasari-47263-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35502/2/jiptummpp-gdl-ratnasari-47263-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35502/3/jiptummpp-gdl-ratnasari-47263-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35502/4/jiptummpp-gdl-ratnasari-47263-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35502/
ctrlnum 35502
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/35502/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS JENIS SUMBER DAYA ALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING SISWA KELAS IVDI SDN TEGALGONDO</title><creator>SARI, RATNA</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Berdasarkan hasil observasi awal diketahui bahwa bekerja sama tim dalam menukar pengetahuan pembelajaran khususnya pada materi sumber daya alam masih rendah. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan adalah 70, tetapi siswa yang belum tuntas sebanyak 13 siswa. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran dalam penguasaan materi dengan menggunakan metode Active knowledge sharing pada siswa kelas IV . (2) Untuk Meningkatkan hasil belajar siswa dalam kerja sama tim pembelajaran IPS kelas IV setelah menggunakan metode Active knowledge sharing.&#xD; &#xD; &#xD; Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tegalgondo, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan teknik analisis data secara kualitatif dan analisis data secara kuantitatif.&#xD; &#xD; &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa, siswa di SDN Tegalgondo pada pra-siklus ketuntasan klasikal sebesar 40%. Pada siklus I sebanyak 44,44% dengan begitu meningkat sebanyak 4,44%. Pada siklus II ketuntasan klasikal sebesar 77,78% mengalami peningkatan sebanyak 33,34%. Terbukti dengan menggunakan metode Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri Tegalgondo. Dengan mengunanakan metode Active Knowledge Sharing menjadi salah satu alternatif bagi guru untuk mengembangkan pembelajaran aktif, yakni tidak hanya mengajar tapi juga belajar.</description><date>2017-04-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/35502/1/jiptummpp-gdl-ratnasari-47263-1-pendahul-n.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/35502/2/jiptummpp-gdl-ratnasari-47263-2-babi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/35502/3/jiptummpp-gdl-ratnasari-47263-3-babii.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/35502/4/jiptummpp-gdl-ratnasari-47263-4-babiii.pdf</identifier><identifier> SARI, RATNA (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS JENIS SUMBER DAYA ALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING SISWA KELAS IVDI SDN TEGALGONDO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>35502</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SARI, RATNA
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS JENIS SUMBER DAYA ALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING SISWA KELAS IVDI SDN TEGALGONDO
publishDate 2017
topic L Education (General)
url http://eprints.umm.ac.id/35502/1/jiptummpp-gdl-ratnasari-47263-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35502/2/jiptummpp-gdl-ratnasari-47263-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35502/3/jiptummpp-gdl-ratnasari-47263-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35502/4/jiptummpp-gdl-ratnasari-47263-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35502/
contents Berdasarkan hasil observasi awal diketahui bahwa bekerja sama tim dalam menukar pengetahuan pembelajaran khususnya pada materi sumber daya alam masih rendah. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan adalah 70, tetapi siswa yang belum tuntas sebanyak 13 siswa. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran dalam penguasaan materi dengan menggunakan metode Active knowledge sharing pada siswa kelas IV . (2) Untuk Meningkatkan hasil belajar siswa dalam kerja sama tim pembelajaran IPS kelas IV setelah menggunakan metode Active knowledge sharing. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tegalgondo, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan teknik analisis data secara kualitatif dan analisis data secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, siswa di SDN Tegalgondo pada pra-siklus ketuntasan klasikal sebesar 40%. Pada siklus I sebanyak 44,44% dengan begitu meningkat sebanyak 4,44%. Pada siklus II ketuntasan klasikal sebesar 77,78% mengalami peningkatan sebanyak 33,34%. Terbukti dengan menggunakan metode Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri Tegalgondo. Dengan mengunanakan metode Active Knowledge Sharing menjadi salah satu alternatif bagi guru untuk mengembangkan pembelajaran aktif, yakni tidak hanya mengajar tapi juga belajar.
id IOS4109.35502
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2018-01-10T02:42:33Z
last_indexed 2018-01-10T02:42:33Z
recordtype dc
_version_ 1675924408730910720
score 17.538404