Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi peluncuran city branding Kota Malang yang terbaru yaitu Beautiful Malang dimana Beautiful Malang pertama kali diluncurkan pada tanggal 23 agustus tahun 2015. Beautiful Malang merupakan sebuah program pemasaran wisata yang dipergunakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang untuk mempromosikan wisata yang ada di Kota Malang. Ketatnya persaingan dalam mempromosikan city branding antar kota menuntut Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang untuk lebih cerdik dalam menghadapi persaingan. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk mengangkat judul mengenai ‘Aktivitas Promosi City Branding ‘Beautiful MalangÂ’ (Studi Pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang). Lebih lanjut, untuk menggambarkan bagaimana aktivitas promosi pemasaran yang dilakukan oleh pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang dalam mempromosikan city branding Beautiful Malang, maka dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi dimana peneliti mewawancarai Kepala Seksi Promosi Wisata, Pengelola Bidang ekonomi Kreatif, dan Pengelola Media Elektronik Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang. Fokus penelitian ini adalah Aktivitas Promosi city branding ‘Beautiful MalangÂ’ yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang. Hasil penelitian ini mengungkapkan Aktivitas Promosi city branding Beautiful Malang yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang menggunakan tiga dari lima konsep bauran komunikasi pemasaran menurut Philip Kotler dalam marketing jilid 2 (1993) yaitu Periklanan dimana Disbudpar Kota Malang menggunakan media promosi baliho, booklet, leaflet, website, facebook, banner, poster, spanduk, bando jalan, gapura pintu masuk kota malang dan stiker. Hubungan Masyarakat dan Publisitas memanfaatkan kegiatan ataun events kepariwisataan Kota Malang yang diadakan Pemerintah Kota Malang. Penjualan Pribadi dilakukan dengan cara melakukan kunjungan dan pameran ke kota maupun negara lain dengan tujuan untuk promosi Beautiful Malang.