PERENCANAAN ULANG STRUKTUR ATAS JEMBATAN KELUTAN DENGAN PRATEGANG BOX GIRDER SEGMENTAL NON PRISMATIS SISTEM KANTILEVER
Main Author: | SUSENO, HENDHIK |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/35112/1/jiptummpp-gdl-hendhiksus-48279-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/35112/2/jiptummpp-gdl-hendhiksus-48279-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/35112/3/jiptummpp-gdl-hendhiksus-48279-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35112/4/jiptummpp-gdl-hendhiksus-48279-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35112/ |
Daftar Isi:
- Pemilihan konstruksi jembatan selain mempertimbangkan aspek sosial, ekonomi dan arsitektural juga mempertimbangkan kondisi medan di lapangan. Jembatan Kelutan yang melewati Sungai Brantas menjadi pertimbangan perencanaan konstruksi yang akan digunakan. Konstruksi beton prategang dengan penampang box segmental non prismatis menjadi alternatif pilihan dengan metode yang digunakan adalah balance cantilever segmental dengan bantuan alat gantry. Panjang jembatan adalah 180 m kemudian direncanakan memiliki 3 span, yaitu 45 m, 90 m, dan 45 m. Adapun perencanaan beton prategang pada Jembatan Kelutan menggunakan 2 letak tendon pemasangan yang berada di atas dan di bawah garis titik pusat berat. Pemasangan dimaksudkan untuk mencegah terjadinya deformasi pada joint antar segmen ketika salah satu sisi letak tendon dilakukan jacking. Perencanaan pembebanan pada struktur jembatan menggunakan SNI T-02-2005 dan perencanaan struktur jembatan beton menggunakan SNI T-12-2004. Setelah diperoleh kontrol kekuatan dan kestabilan struktur yang aman. Selanjutnya, hasil akhir perencanaan didapatkan desain penampang box girder serta kebutuhan strand yang mampu menahan beban yang bekerja pada jembatan.