PENGARUH BERMAIN GAME SPORE TERHADAP KREATIVITAS FIGURAL ANAK

Main Author: Estevan, Nathaneal
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/34416/1/jiptummpp-gdl-nathaneale-45635-1-softfile-x.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34416/
Daftar Isi:
  • Keyword : Spore, Kreativitas figural, bermain, video games, anak Abstraksi Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan efektifitas bermain game Spore dalam meningkatkan kreativitas figural pada anak-anak. Kreativitas figural dapat diartikan sebagai kemampuan kognitif seseorang yang berguna untuk membantu seseorang dalam memecahkan masalah yang berbentuk konkrit, seperti masalah-masalah yang berhubungan dengan grafis. Pada penelitian sebelumnya terbukti bahwa kreativitas figural dapat meningkat melalui permainan konstruktif. Subjek yang merupakan anak berusia 10-11 tahun umumnya sangat dibatasi kreativitasnya oleh lingkungan dan orang dewasa yang berada disekitarnya sehingga perkembangan kreativitas mereka terganggu dan menjadi cenderung kurang kreatif. Metode yang digunakan untuk meningkatkan kreativitas figural anak-anak yang berada di usia ini adalah dengan cara pemberian game Spore. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain randomized matched two-groups. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan peningkatan skor kreativitas figural (p= 0,002<0,05; t-hitung>t-tabel 4,351>1,83). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa game Spore dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas figural.