PENGARUH BERMAIN GAME SPORE TERHADAP KREATIVITAS FIGURAL ANAK

Main Author: Estevan, Nathaneal
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/34416/1/jiptummpp-gdl-nathaneale-45635-1-softfile-x.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34416/
ctrlnum 34416
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/34416/</relation><title>PENGARUH BERMAIN GAME SPORE TERHADAP KREATIVITAS FIGURAL ANAK</title><creator>Estevan, Nathaneal</creator><subject>BF Psychology</subject><description>Keyword : Spore, Kreativitas figural, bermain, video games, anak&#xD; &#xD; Abstraksi&#xD; &#xD; Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan efektifitas bermain game Spore dalam meningkatkan kreativitas figural pada anak-anak. Kreativitas figural dapat diartikan sebagai kemampuan kognitif seseorang yang berguna untuk membantu seseorang dalam memecahkan masalah yang berbentuk konkrit, seperti masalah-masalah yang berhubungan dengan grafis. Pada penelitian sebelumnya terbukti bahwa kreativitas figural dapat meningkat melalui permainan konstruktif. Subjek yang merupakan anak berusia 10-11 tahun umumnya sangat dibatasi kreativitasnya oleh lingkungan dan orang dewasa yang berada disekitarnya sehingga perkembangan kreativitas mereka terganggu dan menjadi cenderung kurang kreatif. Metode yang digunakan untuk meningkatkan kreativitas figural anak-anak yang berada di usia ini adalah dengan cara pemberian game Spore. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain randomized matched two-groups. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan peningkatan skor kreativitas figural (p= 0,002&lt;0,05; t-hitung&gt;t-tabel 4,351&gt;1,83). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa game Spore dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas figural.</description><date>2016-10-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/34416/1/jiptummpp-gdl-nathaneale-45635-1-softfile-x.pdf</identifier><identifier> Estevan, Nathaneal (2016) PENGARUH BERMAIN GAME SPORE TERHADAP KREATIVITAS FIGURAL ANAK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>34416</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Estevan, Nathaneal
title PENGARUH BERMAIN GAME SPORE TERHADAP KREATIVITAS FIGURAL ANAK
publishDate 2016
topic BF Psychology
url http://eprints.umm.ac.id/34416/1/jiptummpp-gdl-nathaneale-45635-1-softfile-x.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34416/
contents Keyword : Spore, Kreativitas figural, bermain, video games, anak Abstraksi Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan efektifitas bermain game Spore dalam meningkatkan kreativitas figural pada anak-anak. Kreativitas figural dapat diartikan sebagai kemampuan kognitif seseorang yang berguna untuk membantu seseorang dalam memecahkan masalah yang berbentuk konkrit, seperti masalah-masalah yang berhubungan dengan grafis. Pada penelitian sebelumnya terbukti bahwa kreativitas figural dapat meningkat melalui permainan konstruktif. Subjek yang merupakan anak berusia 10-11 tahun umumnya sangat dibatasi kreativitasnya oleh lingkungan dan orang dewasa yang berada disekitarnya sehingga perkembangan kreativitas mereka terganggu dan menjadi cenderung kurang kreatif. Metode yang digunakan untuk meningkatkan kreativitas figural anak-anak yang berada di usia ini adalah dengan cara pemberian game Spore. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain randomized matched two-groups. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan peningkatan skor kreativitas figural (p= 0,002<0,05; t-hitung>t-tabel 4,351>1,83). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa game Spore dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas figural.
id IOS4109.34416
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2017-03-21T02:49:38Z
last_indexed 2017-03-21T02:49:38Z
recordtype dc
_version_ 1675924403003588608
score 17.538404