ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS CERITA SISWA KELAS IV SDN MOJOLANGU 2 MALANG

Main Author: YULIA, DWI SANDRA FERA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/33958/1/jiptummpp-gdl-dwisandraf-44213-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33958/2/jiptummpp-gdl-dwisandraf-44213-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33958/
ctrlnum 33958
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/33958/</relation><title>ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS CERITA SISWA KELAS IV SDN MOJOLANGU 2 MALANG</title><creator>YULIA, DWI SANDRA FERA</creator><subject>L Education (General)</subject><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Keyword : Kemampuan, Menulis, Cerita, Skill, Writing, Story&#xD; &#xD; Kemampuan merupakan kecakapan atau kesanggupan seseorang individu untuk beradaptasi dalam berbagai situasi. Keberhasilan proses pembelajaran ditentukan oleh tiga aspek utama yaitu peserta didik, pendidik, dan sumber belajar. Penelitian ini bertujuan (1) mendiskripsikan kemampuan siswa kelas IV SDN Mojolangu 2 Malang dalam menggunakan ejaan dan tanda baca pada cerita (2) mendiskripsikan ketepatan penggunaan kalimat siswa kelas IV SDN Mojolangu 2 Malang.&#xD; &#xD; &#xD; &#xD; Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Sebagai sumber data, dipilih siswa kelas IV SDN Mojolangu 2 Malang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pendekatan kualitatif yang dibantu dengan analisis statistik deskriptif.&#xD; &#xD; &#xD; &#xD; Hasil penelitian menunjukkan (1) kemampuan siswa kelas IV SDN Mojolangu 2 Malang dalam menggunakan ejaan dan tanda baca tergolong kurang mampu dikarenakan banyak siswa yang belum menerapkan penulisan tanda koma, titik, tanya, kapital, kata depan, (2) kemampuan ketepatan penggunaan kalimat dalam menulis siswa kelas IV SDN Mojolangu 2 Malang dinyatakan kurang mampu, hal tersebut dapat terlihat dari hasil karya tulis siswa yang masih dominan kurang tepat dalam menempatkan kalimat dalam menulis cerita sehingga jika dibaca akan sedikit membinggungkan pembacanya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) wujud kemampuan yang ada pada menulis cerita siswa bermacam-macam, (2) kemampuan penggunaan kalimat terdiri dari kurangnya unsur kalimat dan penggunaan unsur kalimat ganda.</description><date>2016-08-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/33958/1/jiptummpp-gdl-dwisandraf-44213-1-pendahul-n.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/33958/2/jiptummpp-gdl-dwisandraf-44213-2-babi.pdf</identifier><identifier> YULIA, DWI SANDRA FERA (2016) ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS CERITA SISWA KELAS IV SDN MOJOLANGU 2 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>33958</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author YULIA, DWI SANDRA FERA
title ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS CERITA SISWA KELAS IV SDN MOJOLANGU 2 MALANG
publishDate 2016
topic L Education (General)
LB1501 Primary Education
url http://eprints.umm.ac.id/33958/1/jiptummpp-gdl-dwisandraf-44213-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33958/2/jiptummpp-gdl-dwisandraf-44213-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33958/
contents Keyword : Kemampuan, Menulis, Cerita, Skill, Writing, Story Kemampuan merupakan kecakapan atau kesanggupan seseorang individu untuk beradaptasi dalam berbagai situasi. Keberhasilan proses pembelajaran ditentukan oleh tiga aspek utama yaitu peserta didik, pendidik, dan sumber belajar. Penelitian ini bertujuan (1) mendiskripsikan kemampuan siswa kelas IV SDN Mojolangu 2 Malang dalam menggunakan ejaan dan tanda baca pada cerita (2) mendiskripsikan ketepatan penggunaan kalimat siswa kelas IV SDN Mojolangu 2 Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Sebagai sumber data, dipilih siswa kelas IV SDN Mojolangu 2 Malang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pendekatan kualitatif yang dibantu dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) kemampuan siswa kelas IV SDN Mojolangu 2 Malang dalam menggunakan ejaan dan tanda baca tergolong kurang mampu dikarenakan banyak siswa yang belum menerapkan penulisan tanda koma, titik, tanya, kapital, kata depan, (2) kemampuan ketepatan penggunaan kalimat dalam menulis siswa kelas IV SDN Mojolangu 2 Malang dinyatakan kurang mampu, hal tersebut dapat terlihat dari hasil karya tulis siswa yang masih dominan kurang tepat dalam menempatkan kalimat dalam menulis cerita sehingga jika dibaca akan sedikit membinggungkan pembacanya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) wujud kemampuan yang ada pada menulis cerita siswa bermacam-macam, (2) kemampuan penggunaan kalimat terdiri dari kurangnya unsur kalimat dan penggunaan unsur kalimat ganda.
id IOS4109.33958
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2017-03-21T02:49:30Z
last_indexed 2017-03-21T02:49:30Z
recordtype dc
_version_ 1675924400822550528
score 17.538404