PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 5 DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CINCIN TOKOH DI SD MUHAMMADIYAH 08 DAU-MALANG
Main Author: | A’ISYAH, SITI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/33913/1/jiptummpp-gdl-sitiaisyah-44249-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/33913/2/jiptummpp-gdl-sitiaisyah-44249-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/33913/ |
Daftar Isi:
- Keyword : Keterampilan Bercerita, Media Cincin Tokoh, Storytelling skill, Ring Character Media Pada kenyataan bahwa dalam kegiatan percakapan dalam bercerita, siswa cenderung kurang berani untuk bercerita di depan kelas karena merasa takut salah dan kurang percaya diri, sehingga perlu dilakukan usaha untuk mengatasi permasalahan tersebut. Usaha yang dilakukan adalah dengan menggunakan media cincin tokoh. Media cincin tokoh merupakan media yang berupa cincin yang bergambarkan tokoh dalam cerita, dibuat dengan tujuan supaya dapat meningkatkan keterampilan bercerita serta memudahkan siswa untuk berimajinasi dengan melihat gambar tokoh tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pelaksanaan bercerita dengan menggunakan media Cincin Tokoh pada siswa kelas 5 SD, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil keterampilan bercerita dengan menggunakan media Cincin Tokoh pada siswa kelas 5 SD. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian Tindakan Kelas ini diakhiri setelah melakukan 2 siklus, karena kriteria ketuntasan minimal sudah tercapai. Tiap sikus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SD Muhammadiyah 08 Dau- Malang tahun ajaran 2015-2016. Siswa keseluruhan berjumlah 25 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian dilaksankan mulai tanggal 21 Maret 2016 sampai 31 Maret 2016. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa media cincin tokoh dapat meningkatkan keterampilan bercerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 5 SD Muhammadiyah 08 Dau-Malang. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pada siklus 1 yang tuntas yaitu se besar 60% dan yang tidak tuntas sebesar 40% siswa. Pada siklus 2 yang tuntas sebesar 76% siswa dan yang tidak tuntas 24% siswa.