ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERDASARKAN PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL DISCOVERY LEARNING TEMA 7 SUBTEMA 3 KELAS III SDN MOJOLANGU 03 MALANG
Main Author: | WIJAYANTI, YUSITA LILIS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/33890/1/jiptummpp-gdl-yusitalili-44390-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/33890/2/jiptummpp-gdl-yusitalili-44390-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/33890/ |
Daftar Isi:
- Keyword : analisis, pembelajaran tematik, pendekatan saintifik, model discovery learning. Pelaksanaan pembelajaran akan mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan jika menggunakan model pembelajaran yang sesuai. Pada kurikulum 2013, model pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Oleh karena itu, maka akan dilakukan pelaksanaan pembelajaran berdasarkan pendekatan dengan model discovery learning pada tema 7 subtema 8 kelas III SDN Mojolangu 3 Malang. Adapun tujuan penelitian ini sebagai berikut. (1) Perencanaan pembelajaran tematik berdasarkan pendekatan saintifik model discovery learning tema 7 subtema 3 SDN Mojolangu 3 Malang, (2) pelaksanaan pembelajaran tematik berdasarkan pendekatan saintifik model discovery learning tema 7 subtema 3 SDN Mojolangu 3 Malang, (3) kendala pelaksanaan pembelajaran tematik berdasarkan pendekatan saintifik model discovery learning tema 7 subtema 3 SDN Mojolangu 3 Malang Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriftif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas III. Sumber data berasal dari dokumentasi (silabus dan RPP), siswa dan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) perencanaan pembelajaran, dilakukan dengan mempersiapkan silabus dan RPP menggunakan pendekatan saintifik, strategi cooperative learning, teknik example non example, dan metode menggunakan pengamatan tanya jawab, presentasi, dan praktek yang diintegrasikan dengan langkah-langkah kegiatan sesuai dengan model discovery learning, (2) pelaksanaan pembelajaran menggunakan langkah-langkah model discovery learning yaitu guru memulai dengan pembelajaran rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan menarik kesimpulan, (3) kendala pelaksanaan pembelajaran yaitu terletak pada perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Pada perencanaan kendalanya yaitu guru kesulitan dalam mengintegrasikan pendekatan saintifik dengan model discovery learning dikarenakan strateginya yang berbeda. Pada pelaksanaan pembelajaran kendala yang dihadapi oleh guru yaitu kesulitan mengelola waktu karena tingkat pemahaman siswa yang berbeda-beda.