ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERDASARKAN PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL DISCOVERY LEARNING TEMA 7 SUBTEMA 3 KELAS III SDN MOJOLANGU 03 MALANG

Main Author: WIJAYANTI, YUSITA LILIS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/33890/1/jiptummpp-gdl-yusitalili-44390-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33890/2/jiptummpp-gdl-yusitalili-44390-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33890/
ctrlnum 33890
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/33890/</relation><title>ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERDASARKAN PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL DISCOVERY LEARNING TEMA 7 SUBTEMA 3 KELAS III SDN MOJOLANGU 03 MALANG</title><creator>WIJAYANTI, YUSITA LILIS</creator><subject>L Education (General)</subject><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Keyword : analisis, pembelajaran tematik, pendekatan saintifik, model discovery learning.&#xD; &#xD; Pelaksanaan pembelajaran akan mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan jika menggunakan model pembelajaran yang sesuai. Pada kurikulum 2013, model pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Oleh karena itu, maka akan dilakukan pelaksanaan pembelajaran berdasarkan pendekatan dengan model discovery learning pada tema 7 subtema 8 kelas III SDN Mojolangu 3 Malang. Adapun tujuan penelitian ini sebagai berikut. (1) Perencanaan pembelajaran tematik berdasarkan pendekatan saintifik model discovery learning tema 7 subtema 3 SDN Mojolangu 3 Malang, (2) pelaksanaan pembelajaran tematik berdasarkan pendekatan saintifik model discovery learning tema 7 subtema 3 SDN Mojolangu 3 Malang, (3) kendala pelaksanaan pembelajaran tematik berdasarkan pendekatan saintifik model discovery learning tema 7 subtema 3 SDN Mojolangu 3 Malang&#xD; &#xD; Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriftif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas III. Sumber data berasal dari dokumentasi (silabus dan RPP), siswa dan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.&#xD; &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) perencanaan pembelajaran, dilakukan dengan mempersiapkan silabus dan RPP menggunakan pendekatan saintifik, strategi cooperative learning, teknik example non example, dan metode menggunakan pengamatan tanya jawab, presentasi, dan praktek yang diintegrasikan dengan langkah-langkah kegiatan sesuai dengan model discovery learning, (2) pelaksanaan pembelajaran menggunakan langkah-langkah model discovery learning yaitu guru memulai dengan pembelajaran rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan menarik kesimpulan, (3) kendala pelaksanaan pembelajaran yaitu terletak pada perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Pada perencanaan kendalanya yaitu guru kesulitan dalam mengintegrasikan pendekatan saintifik dengan model discovery learning dikarenakan strateginya yang berbeda. Pada pelaksanaan pembelajaran kendala yang dihadapi oleh guru yaitu kesulitan mengelola waktu karena tingkat pemahaman siswa yang berbeda-beda.</description><date>2016-08-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/33890/1/jiptummpp-gdl-yusitalili-44390-1-pendahul-n.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/33890/2/jiptummpp-gdl-yusitalili-44390-2-babi.pdf</identifier><identifier> WIJAYANTI, YUSITA LILIS (2016) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERDASARKAN PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL DISCOVERY LEARNING TEMA 7 SUBTEMA 3 KELAS III SDN MOJOLANGU 03 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>33890</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author WIJAYANTI, YUSITA LILIS
title ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERDASARKAN PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL DISCOVERY LEARNING TEMA 7 SUBTEMA 3 KELAS III SDN MOJOLANGU 03 MALANG
publishDate 2016
topic L Education (General)
LB1501 Primary Education
url http://eprints.umm.ac.id/33890/1/jiptummpp-gdl-yusitalili-44390-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33890/2/jiptummpp-gdl-yusitalili-44390-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/33890/
contents Keyword : analisis, pembelajaran tematik, pendekatan saintifik, model discovery learning. Pelaksanaan pembelajaran akan mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan jika menggunakan model pembelajaran yang sesuai. Pada kurikulum 2013, model pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Oleh karena itu, maka akan dilakukan pelaksanaan pembelajaran berdasarkan pendekatan dengan model discovery learning pada tema 7 subtema 8 kelas III SDN Mojolangu 3 Malang. Adapun tujuan penelitian ini sebagai berikut. (1) Perencanaan pembelajaran tematik berdasarkan pendekatan saintifik model discovery learning tema 7 subtema 3 SDN Mojolangu 3 Malang, (2) pelaksanaan pembelajaran tematik berdasarkan pendekatan saintifik model discovery learning tema 7 subtema 3 SDN Mojolangu 3 Malang, (3) kendala pelaksanaan pembelajaran tematik berdasarkan pendekatan saintifik model discovery learning tema 7 subtema 3 SDN Mojolangu 3 Malang Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriftif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas III. Sumber data berasal dari dokumentasi (silabus dan RPP), siswa dan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) perencanaan pembelajaran, dilakukan dengan mempersiapkan silabus dan RPP menggunakan pendekatan saintifik, strategi cooperative learning, teknik example non example, dan metode menggunakan pengamatan tanya jawab, presentasi, dan praktek yang diintegrasikan dengan langkah-langkah kegiatan sesuai dengan model discovery learning, (2) pelaksanaan pembelajaran menggunakan langkah-langkah model discovery learning yaitu guru memulai dengan pembelajaran rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan menarik kesimpulan, (3) kendala pelaksanaan pembelajaran yaitu terletak pada perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Pada perencanaan kendalanya yaitu guru kesulitan dalam mengintegrasikan pendekatan saintifik dengan model discovery learning dikarenakan strateginya yang berbeda. Pada pelaksanaan pembelajaran kendala yang dihadapi oleh guru yaitu kesulitan mengelola waktu karena tingkat pemahaman siswa yang berbeda-beda.
id IOS4109.33890
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2017-03-21T02:49:28Z
last_indexed 2017-03-21T02:49:28Z
recordtype dc
_version_ 1675924400345448448
score 17.538404