PEMBERIAN DONGENG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK USIA PRASEKOLAH

Main Author: LAMUNINGTYAS, YULINDA AYU
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30153/1/jiptummpp-gdl-yulindaayu-29660-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30153/2/jiptummpp-gdl-yulindaayu-29660-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30153/
ctrlnum 30153
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/30153/</relation><title>PEMBERIAN DONGENG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK USIA PRASEKOLAH</title><creator>LAMUNINGTYAS, YULINDA AYU</creator><subject>BF Psychology</subject><description>Advisors: (1) Yudi Suharsono, S.Psi, M.Si, (2) Diana Savitri, S.Psi, M.Psi.&#xD; &#xD; &#xD; Language competence is defined as individuals&#xC2;&#x2019; ability in combining words or sounds to produce meaningful utterances or sentences to create effective communication between the interlocutors. It covers four basic skills comprising listening, speaking, reading, and writing. Those skills can be effectively integrated for teaching young learners by using fairytales. Therefore, this study aimed at investigating the effectiveness of fairytales in improving pre-school students&#xC2;&#x2019; language competence.&#xD; &#xD; This study employed an experimental research with one group pre-test and post-test design. The subjects were twenty pre-school students of a kindergarten school in Pagelaran, Malang. The sample was selected using purposive sampling technique. The data employed language testing method with pre-test and post-test design to measure the students&#xC2;&#x2019; improvement in language competence. Further, the data were analyzed using t-test technique.&#xD; &#xD; The findings showed significant differences on the students&#xC2;&#x2019; language competence with t-score at -4.273 at significant value p = 0.000. Accordingly, the hypothesis was accepted significantly.&#xD; &#xD; &#xD; INTISARI&#xD; &#xD; &#xD; Kata Kunci : Dongeng, Kemampuan berbahasa&#xD; &#xD; &#xD; Kemampuan berbahasa adalah kemampuan individu untuk membuat kata-kata atau suara-suara yang dikombinasikan menjadi suatu ucapan atau kesatuan kalimat yang utuh yang dapat dimengerti oleh dirinya sendiri maupun oleh orang lain yang diajak bicara. Kemampuan berbahasa terdiri dari empat aspek, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat aspek tersebut juga terdapat di dalam dongeng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan berbahasa pada anak usia prasekolah karena pemberian dongeng.&#xD; &#xD; Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah anak usia prasekolah pada sebuah Taman Kanak-Kanak di daerah Pagelaran Malang. Teknik sampling yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah purposif sampling. Subjek yang dijadikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 orang. Data penelitian diungkap menggunakan tes kemampuan berbahasa yang terdiri dari pretest kemampuan berbahasa dan posttest kemampuan berbahasa. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah teknik t-test.&#xD; &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t sebesar -4.273 dengan p = 0.000. Berdasarkan hasil tersebut, maka hipotesis penelitian diterima yang artinya ada perbedaan kemampuan berbahasa pada anak prasekolah karena pemberian dongeng.</description><date>2012-11-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/30153/1/jiptummpp-gdl-yulindaayu-29660-1-pendahul-n.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/30153/2/jiptummpp-gdl-yulindaayu-29660-2-babi.pdf</identifier><identifier> LAMUNINGTYAS, YULINDA AYU (2012) PEMBERIAN DONGENG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK USIA PRASEKOLAH. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>30153</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author LAMUNINGTYAS, YULINDA AYU
title PEMBERIAN DONGENG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK USIA PRASEKOLAH
publishDate 2012
topic BF Psychology
url http://eprints.umm.ac.id/30153/1/jiptummpp-gdl-yulindaayu-29660-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30153/2/jiptummpp-gdl-yulindaayu-29660-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30153/
contents Advisors: (1) Yudi Suharsono, S.Psi, M.Si, (2) Diana Savitri, S.Psi, M.Psi. Language competence is defined as individualsÂ’ ability in combining words or sounds to produce meaningful utterances or sentences to create effective communication between the interlocutors. It covers four basic skills comprising listening, speaking, reading, and writing. Those skills can be effectively integrated for teaching young learners by using fairytales. Therefore, this study aimed at investigating the effectiveness of fairytales in improving pre-school studentsÂ’ language competence. This study employed an experimental research with one group pre-test and post-test design. The subjects were twenty pre-school students of a kindergarten school in Pagelaran, Malang. The sample was selected using purposive sampling technique. The data employed language testing method with pre-test and post-test design to measure the studentsÂ’ improvement in language competence. Further, the data were analyzed using t-test technique. The findings showed significant differences on the studentsÂ’ language competence with t-score at -4.273 at significant value p = 0.000. Accordingly, the hypothesis was accepted significantly. INTISARI Kata Kunci : Dongeng, Kemampuan berbahasa Kemampuan berbahasa adalah kemampuan individu untuk membuat kata-kata atau suara-suara yang dikombinasikan menjadi suatu ucapan atau kesatuan kalimat yang utuh yang dapat dimengerti oleh dirinya sendiri maupun oleh orang lain yang diajak bicara. Kemampuan berbahasa terdiri dari empat aspek, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat aspek tersebut juga terdapat di dalam dongeng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan berbahasa pada anak usia prasekolah karena pemberian dongeng. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah anak usia prasekolah pada sebuah Taman Kanak-Kanak di daerah Pagelaran Malang. Teknik sampling yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah purposif sampling. Subjek yang dijadikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 orang. Data penelitian diungkap menggunakan tes kemampuan berbahasa yang terdiri dari pretest kemampuan berbahasa dan posttest kemampuan berbahasa. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah teknik t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t sebesar -4.273 dengan p = 0.000. Berdasarkan hasil tersebut, maka hipotesis penelitian diterima yang artinya ada perbedaan kemampuan berbahasa pada anak prasekolah karena pemberian dongeng.
id IOS4109.30153
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2017-03-21T02:48:13Z
last_indexed 2017-03-21T02:48:13Z
recordtype dc
_version_ 1675924339495534592
score 17.538404