PENGARUH TERPAAN IKLAN SUNSILK TERHADAP SIKAP MAHASISWA PADA PRODUK SHAMPO SUNSILK (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2008/ 2009)

Main Author: HARTINING, VYRA PRI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/29758/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-vyraprihar-21988-P%2BE%2BN%2BD%2B-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29758/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-vyraprihar-21988-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29758/
Daftar Isi:
  • Iklan produk shampoo merupakan Salah satu iklan produk yang hampir memiliki inti pesan yang sama. Iklan Sunsilk merupakan salah satu contoh dari iklan produk shampo yang ada di televisi. Salah satu iklan sunsilk yaitu iklan sunsilk co creations versi Fransesca Fusco yaitu iklan sunsilk dengan menampilkan pakar rambut dunia. Versi iklan sunsilk ini yang membuat peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana pengaruh terpaan iklan dari iklan sunsilk co creation versi Fransesca Fusco terhadap sikap mahasiswa pada produk sunsilk. Hal ini dikarenakan mahasiswa juga termasuk sekelompok konsumen yang turut memakai produk tersebut dan dari segi tingkat pendidikan mahasiswa biasanya cenderung lebih proaktif dalam menanggapi sebuah produk dan tayangan televisi dalam hal ini Iklan. Terpaan merupakan keadaan terkena khalayak oleh pesan-pesan yang disebarkan oleh mdia massa (Effendy, 1997: 124). Iklan merupakan pendekatan yang menggunakan media komunikasi untuk menyampaikan informasi kepada khalayak ramai dalam suatu waktu (Tjiptono, 2002). Sikap adalah suatu predosposisi yang dipelajari untuk merespon secara konsisten, baik positif maupun negatif terhadap suatu obyek. Penelitian ini terbagi menjadi dua variabel, yaitu Terpaan Iklan sebagai variabel X, dan Sikap mahasiswa pada produk shampo Sunsilk sebagai variabel Y. Tipe penelitian yang digunakan adalah eksplanatori, sedangkan pendekatan yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2008/2009. Karena jumlah populasi yang besar, maka penetapan jumlah sampel menggunakan nilai presisi dan didapatkan jumlah sampel sebesar 133 mahasiswa. Teknik perolehan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang berisi item-item pertanyaan sesuai dengan definisi operasional yang telah ditentukan. Analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisa peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara terpaan iklan Sunsilk terhadap sikap mahasiswa terhadap produk Sunsilk. Berdasarkan hasil analisis korelasi, diketahui bahwa r (nilai korelasi) sebesar 0,880 atau 88%. Selanjutnya untuk mengetahui besarnya pengaruh terpaan iklan Sunsilk terhadap sikap mahasiswa pada produk sunsilk digunakan rumus determinan, dan diketahui bahwa besarnya kontribusi sumbangan pengaruh terpaan iklan Sunsilk (X) terhadap sikap mahasiswa pada produk Sunsilk (Y) sebesar 77,5%. Sedangkan sisanya 22,5% variabel sikap mahasiswa pada produk sunsilk akan dijelaskan oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Berdasarkan rumus regresi linear sederhana, dapat diketahui bahwa sikap mahasiswa pada produk Sunsilk (Y) akan meningkat sebesar 0,462 satuan untuk setiap tambahan satu satuan X (terpaan iklan Sunsilk). Hal ini menunjukkan bahwa terpaam iklan Sunsilk berpengaruh positif terhadap sikap mahasiswa pada produk Sunsilk. Dan nilai r (nilai korelasi) sebesar 0,880 bila dikonsultasikan interpretasi koefisien korelasi (Sugiono, 1999: 183) menunjukkan bahwa hubungan terpaan iklan Sunsilk versi Fransesca Fusco terhadap sikap mahasiswa pada produk Sunsilk masuk dalam interval koefisien 0,800 - 0,1000 termasuk kategori sangat kuat.