PENGUKURAN KINERJA DEPARTEMEN HRD MENGGUNAKAN PENDEKATAN HUMAN RESOURCES SCORECARD ( Studi kasus di PT. PLN (PERSERO) UDIKLAT Pandaan )

Main Author: Jakfar, Akhmad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/29507/
Daftar Isi:
  • Sumberdaya manusia merupakan aset berhaga bagi perusahaan, yang menjadi jantung dan kekuatan bagi suatu organisasi dan menjadi kunci sukses penunjang keberhasilan perusahaan. PT. PLN (Persero) Udiklat Pandaan. Yang saat ini sedang berusaha mengembangkan agar system sumber daya manusia menjadi efektif dan efisien, serta meningkatkan kontribusinya langsung ke strategi perusahaan. Oleh karena itu pihak manajemen perusahaan membutuhkan alat untuk mengukur dan mengelolah kontribusi dari peranan SDM. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah alat ukur dengan menggunakan konsep human resources scorecard untuk mengetahui indeks pencapain kinerja departemen HRD dalam mengelolah SDM yang ada. Dimana hasil pengukuran yang sudah terkuatifikasi memudahkan pihak manajemen melakukan perancangan dan pengendalian. Proses perancangan dilakukan dengan menerjemahkan visi-misi perusahaan dan menetapkan strategic objectives kedalam empat Prespektif (financial, Customer, Internal Business Process, learning and growth) selanjutnya menetukan key Performance Indicator (KPI) pembuatan Strategic map menentukan bobot kepentingan KPI, melakukan penetapan target, skor serta formulasi Archivment pada setiap KPI. Selanjutnya dilakukan proses pengukuran kinerja dengan bantuan metode Scoring System, dan traffic Light System. Diperoleh prosentase jumlah karyawan terlambat dan jumlah karyawan yang menerima sanksi berada pada range merah. Sedangkan dari hasil ideks kinerja departemen HRD diketahui pada tahun 2011 dan 2012 sebesar 0,611307 , 0,63953 dan 0,660354 masih berada di bawah target yang di inginkan yaitu 1.hal ini menandakan perlu perhatian,perbaikan peningkatan kinerjasecara berkelanjutan pada department HRD.