PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENYIMAK KELAS X DI SMA NEGERI 1 BESUK KABUPATEN PROBOLINGGO DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD

Main Author: ANDRIYANTO,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/29404/1/jiptummpp-gdl-andriyanto-28729-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29404/2/jiptummpp-gdl-andriyanto-28729-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29404/
ctrlnum 29404
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/29404/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENYIMAK KELAS X DI SMA NEGERI 1 BESUK KABUPATEN PROBOLINGGO DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD</title><creator>ANDRIYANTO, </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas XC SMA Negeri 1 Besuk kurang maksimal. Hasil observasi di sekolah tersebut menunjukkan interaksi guru dengan siswa atau siswa dengan siswa kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran Bahasa Indonesia pada keterampilan menyimak dengan pembelajaran kooperatif model STAD. Dengan model STAD diharapkan nantinya hasil belajar yang diperoleh siswa lebih maksimal.&#xD; &#xD; &#xD; Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas merupakan suatu cara untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah atau di kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Besuk semester 2 tahun ajaran 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XC SMA Negeri 1 Besuk. Data penelitian ini berupa perilaku siswa dan guru serta hasil belajar siswa ketika melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model STAD. Data tersebut diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan tes yang diberikan kepada siswa serta catatan lapang. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode kualitatif.&#xD; &#xD; &#xD; Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh peneliti di SMA Negeri 1 Besuk Kabupaten Probolinggo, dapat disimpulkan: Peningkatan hasil belajar materi menyimak sebelum menggunakan metode pembelajaran kooperatif model STAD dan setelah menggunakan metode pembelajaran kooperatif model STAD pada siklus 1 mencapai 65%. Adapun peningkatan hasil belajar materi menyimak dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif model STAD pada siklus 2 mencapai 100%.</description><date>2012-07-13</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/29404/1/jiptummpp-gdl-andriyanto-28729-2-babi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/29404/2/jiptummpp-gdl-andriyanto-28729-1-pendahul-n.pdf</identifier><identifier> ANDRIYANTO, (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENYIMAK KELAS X DI SMA NEGERI 1 BESUK KABUPATEN PROBOLINGGO DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>29404</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ANDRIYANTO,
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENYIMAK KELAS X DI SMA NEGERI 1 BESUK KABUPATEN PROBOLINGGO DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD
publishDate 2012
topic L Education (General)
url http://eprints.umm.ac.id/29404/1/jiptummpp-gdl-andriyanto-28729-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29404/2/jiptummpp-gdl-andriyanto-28729-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29404/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas XC SMA Negeri 1 Besuk kurang maksimal. Hasil observasi di sekolah tersebut menunjukkan interaksi guru dengan siswa atau siswa dengan siswa kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran Bahasa Indonesia pada keterampilan menyimak dengan pembelajaran kooperatif model STAD. Dengan model STAD diharapkan nantinya hasil belajar yang diperoleh siswa lebih maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas merupakan suatu cara untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah atau di kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Besuk semester 2 tahun ajaran 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XC SMA Negeri 1 Besuk. Data penelitian ini berupa perilaku siswa dan guru serta hasil belajar siswa ketika melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model STAD. Data tersebut diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan tes yang diberikan kepada siswa serta catatan lapang. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh peneliti di SMA Negeri 1 Besuk Kabupaten Probolinggo, dapat disimpulkan: Peningkatan hasil belajar materi menyimak sebelum menggunakan metode pembelajaran kooperatif model STAD dan setelah menggunakan metode pembelajaran kooperatif model STAD pada siklus 1 mencapai 65%. Adapun peningkatan hasil belajar materi menyimak dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif model STAD pada siklus 2 mencapai 100%.
id IOS4109.29404
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2017-03-21T02:47:58Z
last_indexed 2017-03-21T02:47:58Z
recordtype dc
_version_ 1675924335098855424
score 17.538404