STRATEGI KOMUNIKASI PT. TELKOM DALAM MEMASARKAN PRODUK SPEEDY (Studi pada PT. Telkom Kandatel Malang)

Main Author: PUTRA, ARIE YANUAR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/29362/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-arieyanuar-23589-PENDAHUL-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29362/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-arieyanuar-23589-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29362/
Daftar Isi:
  • Sejalan dengan perkembangan komunikasi yang semakin meningkat, sektor komunikasi menerima dampaknya. Penemuan teknologi yang dari hari ke hari semakin bertambah canggih, perkembangan dalam dunia telekomunikasi termasuk yang paling cepat perkembangannya. Di zaman kemajuan teknologi telekomunikasi saat ini, perkembangan dunia usaha sampai saat ini mengalami kemajuan yang cukup pesat, hal ini berdampak terhadap kebutuhan sarana komunikasi yang semakin meningkat guna memperlancar kerja mereka. Harapan pelanggan yang terjalin dengan baik sangatlah penting. Hal itu karena menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan adalah salah satu cara terbaik dalam menjaga minat pelanggan terlebih dalam menghadapi persaingan bisnis jasa telekomunikasi yang semakin ketat. Demi tercapainya kepuasan pelanggan dengan pelayanan yang terbaik dan service yang memuaskan PT. Telkom telah menetapkan beberapa strategi dalam menjalankan usahanya dengan menetapkan cara-cara untuk pedoman usaha sebagai acuan operasional usaha tersebut.Adapun PT. Telkom memiliki produk yang diharapkan dapat diterima baik oleh para konsumen, yaitu TELKOM SPEEDY. Speedy adalah layanan Internet (Internet Service) berkecepatan tinggi dari PT. Telkom berbasis teknologi akses Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL), yang memungkinkan terjadinya komunikasi data, voice dan video secara bersamaan, pada media jaringan akses kabel tembaga (line telepon). Data yang hendak dikumpulkan adalah tentang strategi PT. Telkom dalam memasarkan pelayanan internet (Speedy) pada PT. Telkom Kandatel Malang. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sumber-sumber informasi dan data yang menyangkut strategi PT. Telkom dalam memasarkan produk Speedy pada PT. Telkom Kandatel Malang. Unit analisis data penelitian ini adalah: Individu yang terlibat langsung dalam strategi komunikasi PT. Telkom dalam memasarkan produk Speedy pada PT. Telkom Kandatel Malang. Teknik pengumpulan data (1) wawancara dan (2) dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah analisa data domain yakni analisis data yang digunakan untuk memperoleh gambaran yang bersifat umum dan relative menyeluruh tentang apa yang tercakup di suatu fokus/pokok permasalahan yang telah diteliti. Berdasarkan hasil penelitian PT. Telkom menggunakan strategi (1) internal dan (2) eksternal,secara spesifik PT. Telkom menggunakan teori komunikasi LASSWELL dimana PT. Telkom sebagai komunikator yang memberikan pesan tentang produk Speedy ke masyarakat umum dan instansi-instansi terkait,media yang digunakan dalam pemasaran selain media iklan juga digunakan beberapa even ataupun menjadi sponsorsip dari instansi lain,masyarakat sebagai penerima tentu saja berharap dapat menjalin kerjasama dengan baik dan berkesinambungan dengan PT. Telkom sehingga produk yang ditawarkan sesuai dengan target perusahaan. Komunikasi pemasaran yang sudah ada selama ini dan berjalan dengan baik hendaknya dapat dipertahankan dan ditingkatkan dengan memberikan pelatihan-pelatihan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang dimilikinya sehingga selalu dapat mengikuti perkembangan jaman. Dari sisi infrastruktur harus selalu ditingkatkan sesuai dengan perkembangan kemajuan teknologi yang semakin pesat terutama kecepatan sambungan internet.Dari segi pemasaran produk perlu adanya pendekatan lebih terhadap pelanggan dan fitur-fitur lain yang diharapkan menjadi daya tarik lebih para pelanggan dalam memilih produk Speedy.Perlu pendekatan lebih dari manajemen PT. Telkom terhadap divisi kopegtel dalm mengurusi segala kebutuhan produk Speedy sehingga dapat terjalin komunikasi dengan baik dalam memasarkan produk Speedy.