PENGGUNAAN MEDIA TIRAI PEMBAGIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN SISWA KELAS III SDN PURWODADI 2 MALANG
Main Author: | Nurhayati, Novi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/29139/1/jiptummpp-gdl-novinurhay-30904-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/29139/2/jiptummpp-gdl-novinurhay-30904-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/29139/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di kelas III SDN Purwodadi 2 Malang, terdapat rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran matematika pada materi pembagian. Hal ini disebabkan, karena proses pembelajaran di kelas kurang melibatkan keaktifan siswa. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini diantaranya: (1) Mendeskripsikan penggunaan media tirai pembagian pada pembelajaran matematika materi pembagian kelas III SDN Purwodadi 2 Malang. (2) Mendeskripsikan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah dilaksanakan penggunaan media tirai pembagian pada kelas III SDN Purwodadi 2 Malang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan dari model Arikunto dengan empat tahap, yaitu; (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas III SDN Purwodadi 2 Malang denga jumlah 39 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN Purwodadi 2 Malang, serta instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar RPP, lembar pengamatan keaktifan siswa, pedoman wawancara, serta dokumentasi. Hasil belajar siswa pada penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus 1, siswa yang tuntas memenuhi KKM yaitu 65 mencapai 26 siswa atau 66.6%, dan siswa yang belum memenuhi KKM ada 13 siswa atau 33.4%. sedangkan hasil belajar siswa pada siklus 2 menunjukkan terdapat 35 siswa atau 89.7% yang tuntas memenuhi KKM yang ditentukan, dan 4 siswa atau 10.3% belum memenuhi kriteria ketuntasan yang diberikan. Pada ketuntasan klasikal pada siklus I siswa yang tuntas memenuhi ketuntasan minimal mencapai 66.6% sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas memenuhi ketuntasan minimal mencapai 89.7%. Hal ini membuktikan bahwa pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar matematika pada materi pembagian dengan menggunakan media tirai pembagian dari 66.6% (tinggi) menjadi 89.7% (sangat tinggi).