PENGARUH TERPAAN IKLAN PREMIUM DI TABLOID PONSEL TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENGGUNAKAN NADA DERING DAN WALLPAPER (Study pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2008 Universitas Muhammadiyah Malang)

Main Author: Perdhana, Rio Putera
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/29079/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-rioputerap-21166-Pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29079/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-rioputerap-21166-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29079/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini di buat berdasarkan ketertarikan peneliti terhadap tema sebuah iklan premium di Tabloid Ponsel. Dalam iklan tersebut banyak menawarkan berbagai fasilitas multimedia bagi pengguna alat komunikasi telepon seluler. Periklanan diakui atau tidak sekarang telah menjadi bagian dari sebuah sistem perekonomian. Karena perusahaan yang ingin mengiklankan produknya menggunakan biro iklan untuk membuat iklan dan media sebagai penyampai pesan iklan seperti surat kabar, televisi dan sebagainya. Sehingga semakin terbukanya pekerjaan yang lahir dari fenomena dari iklan. Bentuk konkrit dari keefektifan iklan adalah terjadinya perubahan pendapat, sikap dan perilaku khalayak sebagai manifestasi dari tanggapan yang menyentuh langsung lewat media massa. Iklan akan dianggap efektif bila pesan yang disampaikan mampu dipersepsi oleh konsumen atau target pasarnya sesuai dengan tujuan dari iklan itu sendiri. Efektif tidaknya suatu iklan tergantung pada pencapaian tujuan pembuatan iklan itu sendiri. Iklan merupakan upaya untuk memperkenalakan produk atau jasa yang dimiliki oleh produsen kepada konsumen agar konsumen mau membeli atau menggunakan jasa dan produk yang dihasilkan dengan menggunakan bantuan suatu media. Sedang iklan premium merupakan iklan yang menampilkan iklan static berupa paragraf teks dan gambar yang selalu terlihat oleh pengunjung. Iklan premium akan selalu tampil di atas posting utama sehingga akan mendapat porsi impresi. Penelitian ini tergolong kedalam tipe penelitian yang bersifat eksplanatif (explanatory research) yaitu penelitian yang bertujuan untuk menguji antara variabel-variabel yang dihipotesiskan (uji hipotesis). Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 372 orang, dan diperoleh sampel sebanyak 79 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data berupa kuesioner / agket dan dokumentasi, Setelah data didapat, selanjutnya akan dianalisis dengan metode analisis statistik. Dalam skripsi ini peneliti menggungakan 2 teori yaitu teori komunikasi massa dan teori AIDCA. Komunikasi massa (mass communication) adalah komunikasi melalui media massa modern, yang meliputi surat kabar yang mempunyai sirkulasi yang luas, siaran radio dan televisi yang ditujukan kepada umum, sedangkan teori AIDCA adalah, teori tentang cara pembuatan iklan untuk menghasilkan iklan yang menarik, selain mempertahankan struktur iklan, penting ii juga untuk menggunakan elemen-elemen dalam sebuah rumus yang terdiri dari, attention(Perhatian), interest(minat), desire(keinginan, conviction(Rasa percaya) dan action(tindakan.). Untuk mengetahui pengaruh terpaan Iklan nada dering dan wallpaper signifikan atau tidak, maka dilakukan pengujian dengan t Test. Dari hasil analis regresi linear diperoleh nilai thitung sebesar 11,954, sedangkan ttabel pada tarif signifikan 0.05 menunjukkan nilai sebesar 1,984. Hal tersebut berarti thitung lebih besar Dari ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terpaan iklan premium mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan menggunakan pada pada Mahasiswa Angkatan 2008/2009 Universitas Muhammadiyah Malang. Berdasarkan hasil penelitian dan setelah dilakukan analisa data, maka dapat diambil kesimpulan bahwa variabel terpaan iklan premium nada dering dan wallpaper berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan mahasiswa menggunakan nada dering dan wallpaper sebesar 65 % dan sisanya 35 % keputusan mengunakan nada dering dan wallpaper di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.