PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PMRI DENGAN MEDIA MAGIC BOX PADA SISWA KELAS II SDN 2 SEMAMBUNG KABUPATEN SITUBONDO

Main Author: MAFTUHAH,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27059/1/jiptummpp-gdl-maftuhah09-34067-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27059/2/jiptummpp-gdl-maftuhah09-34067-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27059/
ctrlnum 27059
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/27059/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PMRI DENGAN MEDIA MAGIC BOX PADA SISWA KELAS II SDN 2 SEMAMBUNG KABUPATEN SITUBONDO</title><creator>MAFTUHAH, </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Pembimbing (I) Drs.Marhan Taufik, M.Si. (II) Dyah Worowirastri Ekowati, M.Pd&#xD; &#xD; &#xD; &#xD; Berdasarkan observasi yang telah dilakukan peneliti di kelas II SDN 2 Semambung Kabupaten Situbondo, menggambarkan rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika. Hal ini disebabkan proses pembelajaran di kelas kurang melibatkan keaktifan siswa, serta metode pembelajaran cenderung menggunakan ceramah. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini dituliskan : (1) mengetahui penerapan pendekatan PMRI dengan media magic box dalam pelajaran matematika siswa kelas II SDN 2 Semambung Kab. Situbondo. (2) mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas II SDN 2 Semambung Kab. Situbondo setelah diterapkannya pendekatan PMRI dengan media magic box.&#xD; &#xD; Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan berdasarkan berdasarkan model Arikunto dengan empat tahap, yaitu; (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas II SDN 2 Semambung Kabupaten Situbondo yang berjumlah 14 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II SDN 2 Semambung Kabupaten Situbondo, serta instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktifitas guru, lembar observasi aktifitas siswa, lembar soal tes dan lembar wawancara.&#xD; &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1, siswa yang tuntas memenuhi KKM yaitu 60 mencapai 8 (51,7%) siswa, dan siswa yang belum memenuhi KKM adalah 6 (42,9%) siswa. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus 2 menunjukkan bahwa terdapat 11 (78,6%) siswa yang tuntas memenuhi KKM yang ditentukan, dan 3 (21,6%) siswa yang belum memenuhi KKM. Pada ketuntasan klasikal disiklus I siswa yang tuntas memenuhi ketuntasan minimal mencapai 51,7%, sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas memenuhi ketuntasan minimal mencapai 78,6%. Hal ini membuktikan bahwa pada siklus II terdapat peningkatan hasil belajar matematika materi pengukuran baku dan tidak baku melalui pendekatan PMRI dengan menggunakan media magic box sekitar dari 51,7% menjadi 78,6%.</description><date>2014-01-15</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/27059/1/jiptummpp-gdl-maftuhah09-34067-2-babi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/27059/2/jiptummpp-gdl-maftuhah09-34067-1-pendahul-n.pdf</identifier><identifier> MAFTUHAH, (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PMRI DENGAN MEDIA MAGIC BOX PADA SISWA KELAS II SDN 2 SEMAMBUNG KABUPATEN SITUBONDO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>27059</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author MAFTUHAH,
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PMRI DENGAN MEDIA MAGIC BOX PADA SISWA KELAS II SDN 2 SEMAMBUNG KABUPATEN SITUBONDO
publishDate 2014
topic L Education (General)
url http://eprints.umm.ac.id/27059/1/jiptummpp-gdl-maftuhah09-34067-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27059/2/jiptummpp-gdl-maftuhah09-34067-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27059/
contents Pembimbing (I) Drs.Marhan Taufik, M.Si. (II) Dyah Worowirastri Ekowati, M.Pd Berdasarkan observasi yang telah dilakukan peneliti di kelas II SDN 2 Semambung Kabupaten Situbondo, menggambarkan rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika. Hal ini disebabkan proses pembelajaran di kelas kurang melibatkan keaktifan siswa, serta metode pembelajaran cenderung menggunakan ceramah. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini dituliskan : (1) mengetahui penerapan pendekatan PMRI dengan media magic box dalam pelajaran matematika siswa kelas II SDN 2 Semambung Kab. Situbondo. (2) mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas II SDN 2 Semambung Kab. Situbondo setelah diterapkannya pendekatan PMRI dengan media magic box. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan berdasarkan berdasarkan model Arikunto dengan empat tahap, yaitu; (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas II SDN 2 Semambung Kabupaten Situbondo yang berjumlah 14 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II SDN 2 Semambung Kabupaten Situbondo, serta instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktifitas guru, lembar observasi aktifitas siswa, lembar soal tes dan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1, siswa yang tuntas memenuhi KKM yaitu 60 mencapai 8 (51,7%) siswa, dan siswa yang belum memenuhi KKM adalah 6 (42,9%) siswa. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus 2 menunjukkan bahwa terdapat 11 (78,6%) siswa yang tuntas memenuhi KKM yang ditentukan, dan 3 (21,6%) siswa yang belum memenuhi KKM. Pada ketuntasan klasikal disiklus I siswa yang tuntas memenuhi ketuntasan minimal mencapai 51,7%, sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas memenuhi ketuntasan minimal mencapai 78,6%. Hal ini membuktikan bahwa pada siklus II terdapat peningkatan hasil belajar matematika materi pengukuran baku dan tidak baku melalui pendekatan PMRI dengan menggunakan media magic box sekitar dari 51,7% menjadi 78,6%.
id IOS4109.27059
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2017-03-21T02:47:09Z
last_indexed 2017-03-21T02:47:09Z
recordtype dc
_version_ 1675924321258700800
score 17.538404