PENERAPAN METODE LISTENING TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS V SDN ARDIREJO 2 SAMBENG LAMONGAN

Main Author: Darmawan, Ganes
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26985/1/jiptummpp-gdl-ganesdarma-34825-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26985/2/jiptummpp-gdl-ganesdarma-34825-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26985/
ctrlnum 26985
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/26985/</relation><title>PENERAPAN METODE LISTENING TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS V SDN ARDIREJO 2 SAMBENG LAMONGAN</title><creator>Darmawan, Ganes</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Hasil observasi di SDN Ardirejo 2, diketahui bahwa kompetensi siswa masih rendah. Jumlah 23 orang siswa hanya 10 orang siswa yang memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKM), sedangkan 13 orang siswa lainnya belum memenuhi KKM yang ditentukan oleh sekolah yaitu 70. Rendahnya hasil belajar siswa karena dalam pelajaran bahasa Indonesia metode yang digunakan adalah ceramah dan penugasan. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan penerapan metode Listening Team dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada pokok bahasan mengidentifikasi unsur-unsur cerita pendek siswa kelas V SDN Ardirejo 2 Sambeng Lamongan; 2) untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Ardirejo 2 tentang mengidentifikasi unsur cerita pendek melalui penerapan metode Listening Team.&#xD; &#xD; Jenis penelitian yang diguanakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Tahapan pelaksanaan PTK meliputi perencanaan, pengamatan, evaluasi dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan Metode Listening Team dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi mengidentifikasi unsur-unsur cerita pendek pada siswa kelas V SDN Ardirejo 2 telah dilaksanakan dengan baik dan efektif.&#xD; &#xD; Hal ini dapat di ketahui dari hasil pra siklus ketuntasan klasikal 43%, setelah tes yang telah dilakukan siswa pada pembelajaran siklus I, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan ketuntasan klasikal yaitu 61% dan terus mengalami peningkatan pada pembelajaran siklus II yaitu sebesar 87%. Hasil belajar siswa dikatakan naik 25% persiklus. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas V SDN Ardirejo 2 setelah penggunaan metode Listening Team mengalami peningkatan. Ketuntasan klasikal yang ditentukan oleh sekolah sebesar 80% sudah tercapai. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya ataupun bagi guru penerapan metode Listening Team bisa menjadi alternative dalam mengatasi masalah hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia khususnya pada materi mengidentifikasi unsur cerita pendek.</description><date>2014-03-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/26985/1/jiptummpp-gdl-ganesdarma-34825-1-pendahul-n.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/26985/2/jiptummpp-gdl-ganesdarma-34825-2-babi.pdf</identifier><identifier> Darmawan, Ganes (2014) PENERAPAN METODE LISTENING TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS V SDN ARDIREJO 2 SAMBENG LAMONGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>26985</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Darmawan, Ganes
title PENERAPAN METODE LISTENING TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS V SDN ARDIREJO 2 SAMBENG LAMONGAN
publishDate 2014
topic L Education (General)
url http://eprints.umm.ac.id/26985/1/jiptummpp-gdl-ganesdarma-34825-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26985/2/jiptummpp-gdl-ganesdarma-34825-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26985/
contents Hasil observasi di SDN Ardirejo 2, diketahui bahwa kompetensi siswa masih rendah. Jumlah 23 orang siswa hanya 10 orang siswa yang memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKM), sedangkan 13 orang siswa lainnya belum memenuhi KKM yang ditentukan oleh sekolah yaitu 70. Rendahnya hasil belajar siswa karena dalam pelajaran bahasa Indonesia metode yang digunakan adalah ceramah dan penugasan. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan penerapan metode Listening Team dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada pokok bahasan mengidentifikasi unsur-unsur cerita pendek siswa kelas V SDN Ardirejo 2 Sambeng Lamongan; 2) untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Ardirejo 2 tentang mengidentifikasi unsur cerita pendek melalui penerapan metode Listening Team. Jenis penelitian yang diguanakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Tahapan pelaksanaan PTK meliputi perencanaan, pengamatan, evaluasi dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan Metode Listening Team dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi mengidentifikasi unsur-unsur cerita pendek pada siswa kelas V SDN Ardirejo 2 telah dilaksanakan dengan baik dan efektif. Hal ini dapat di ketahui dari hasil pra siklus ketuntasan klasikal 43%, setelah tes yang telah dilakukan siswa pada pembelajaran siklus I, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan ketuntasan klasikal yaitu 61% dan terus mengalami peningkatan pada pembelajaran siklus II yaitu sebesar 87%. Hasil belajar siswa dikatakan naik 25% persiklus. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas V SDN Ardirejo 2 setelah penggunaan metode Listening Team mengalami peningkatan. Ketuntasan klasikal yang ditentukan oleh sekolah sebesar 80% sudah tercapai. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya ataupun bagi guru penerapan metode Listening Team bisa menjadi alternative dalam mengatasi masalah hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia khususnya pada materi mengidentifikasi unsur cerita pendek.
id IOS4109.26985
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2017-03-21T02:47:07Z
last_indexed 2017-03-21T02:47:07Z
recordtype dc
_version_ 1675924320431374336
score 17.538404