PENGARUH IKLAN YANG MENGGUNAKAN ENDORSER SELEBRITIS TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI KONSUMEN (Studi pada Mahasiswa Audio Visual angkatan 2009 tentang Iklan Shampo Pantene)

Main Author: Murdianto, Aan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26721/1/jiptummpp-gdl-aanmurdian-31284-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26721/2/jiptummpp-gdl-aanmurdian-31284-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26721/
Daftar Isi:
  • Kegiatan periklanan merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan suatu produk kepada masyarakat. Berdasarkan kenyataan yang ada, kira-kira hampir kebanyakan iklan yang ditayangkan di televisi menggunakan bintang, artis atau selebriti sebagai pendukung produk yang diiklankan. Dalam iklan, penggunaan selebritis diharapkan dapat menarik perhatian khalayak. Ini karena selebritis selalu menjadi perhatian dimasyarakat mulai dari bakat dan kemampuan mereka. Sehingga apabila selebritis membintangi suatu produk tentunya citra produk itu sendiri akan berkembang serta terpengaruh oleh citra selebritis tersebut, dari permasalahan tersebut maka penulis ingin mengadakan penelitian dengan judul “Pengaruh Iklan Yang Menggunakan Endorser Selebritis Terhadap Keputusan Membeli Konsumen.” Iklan merupakan suatu kegiatan yang berfungsi untuk memperkenalkan suatu barang atau jasa dan untuk membujuk seseorang menggunakan barang atau jasa tersebut. Karena inilah, banyak perusahaan-perusahaan membuat iklan produk yang akan dijualnya dalam tampilan yang menarik di media televisi, baik dari segi teknologi, bahasa, maupun model iklan. Media televisi dipilih karena kemampuannya menghasilkan medium yang sangat dramatis melalui gabungan gambar, cerita, warna, gerak, dan suara, juga karena karakteristiknya yang audio visualistik dan dapat menjangkau semua lapisan masyarakat. Dalam penelitian ini pendekatan yang dipakai yaitu pendekatan kuantitatif yaitu menganalisa data yang berbentuk angka-angka untuk mengukur efektifitas iklan yang menggunakan endorser selebriti terhadap keputusan membeli konsumen. Sedangkan dasar dari penelitian ini adalah penelitian Survey yaitu merupakan penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil tetapi data yang dipelajari adalah data sampel yang diambil dari populasi tersebut. Responden yang diambil dalam penelitian ini yaitu mahasiswa ilmu komunikasi jurusan audio visual angkatan 2009 dengan sampel sejumlah 45 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket atau kuesioner sedangkan untuk mengukur sifat skala yang digunakan adalah skala interval yang bertujuan untuk membedakan antara kategori - kategori dalam suatu variabel. Pengukuran skala interval ini dapat dilakukan dengan skala likert yang terdiri dari lima titik atau lima poin. Dari hasil penelitian yang didapat yaitu dari variabel total yang berpengaruh terhadap keputusan membeli konsumen dapat dilihat dengan perbandingan Fhitung dengan Ftabel yaitu dengan nilai Fhitung (6.817) dan Ftabel (2.33). Dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa nilai Fhitung (6.817) > FTabel (2,33). Hal ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama dari semua variabel independen yakni iklan yang menggunakan endorser selebriti berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu keputusan membeli konsumen. Sedangkan besarnya pengaruh variabel independen (iklan yang menggunakan endorser selebriti) terhadap variabel dependen (keputusan membeli konsumen) digunakan uji koefisien determidasi (R¬2) yaitu sebesar 0.563 atau 56.3%, maka variabel independen mempunyai pengaruh sebesar 56.3% terhadap variabel dependen, sedangkan sisanya 43,7% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan oleh peneliti.