IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI SD MUHAMMADIYAH 9 MALANG

Main Author: LAILI, DEWI NUR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26474/1/jiptummpp-gdl-dewinurlai-36907-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26474/2/jiptummpp-gdl-dewinurlai-36907-2-babi%28f-%29.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26474/
Daftar Isi:
  • Banyaknya kegagalan siswa mencerna informasi dari gurunya disebabkan ketidak sesuaian gaya mengajar guru dan gaya belajar siswa. Setiap siswa memiliki gaya belajar yang unik dan bervariasi. Guru kurang memahami konsep multiple intelligences, bahwa setiap siswa memiliki gaya belajar yang unik dan bervariasi. Padahal konsep tersebut memberikan kemudahan bagi guru dan siswa dalam memahami materi ajar. Fokus dari penelitian ini adalah (1) Implementasi pembelajaran PAI berbasis multiple intelligences di SD Muhammadiyah 9 Malang. (2) Kompetensi/skill yang harus dimiliki guru PAI dalam pembelajaran berbasis multiple intelligences di SD Muhammadiyah 9 Malang. (3) Perangkat yang dibutuhkan guru dalam pembelajaran PAI berbasis multiple intelligences di SD Muhammadiyah 9 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif, dimana peneliti berusaha menggambarkan, meringkas berbagai kondisi, situasi dan berbagai variabel yang ada di SD Muhammadiyah 9 Malang, yang selanjutnya dianalisis secara mendalam. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat tiga tahapan dalam pembelajaran PAI berbasis multiple intelligences yakni perencanaan, pelakasanaan serta penilaian hasil pembelajaran yang sesuai dengan standar proses pembelajaran yang diintegrasikan dengan konsep multiple intelligences. (2) kompetensi yang harus dimiliki guru PAI dalam pembelajaran berbasis multiple intelligences diantaranya guru mampu: memahami teori multiple intelligences secara detail, memiliki 9 unsur kecerdasan sebelum mengajar, menstimulus siswa untuk memiliki 9 kecerdasan, professional dalam mengajar berbasis multiple intelligences, menjelajahi dan memahami kompetensi siswa, mengajar dengan cara yang menyenangkan, menjalankan perannya sebagai fasilitator, terampil dalam memanfaatkan sarana prasarana yang bisa menunjang stimulus kecerdasan majemuk, menilai hasil pembelajaran berbasis multiple intelligences (3) perangkat yang dibutuhkan guru PAI adalah berupa benda dan berupa program kegiatan penunjang.