IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI SD MUHAMMADIYAH 9 MALANG

Main Author: LAILI, DEWI NUR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26474/1/jiptummpp-gdl-dewinurlai-36907-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26474/2/jiptummpp-gdl-dewinurlai-36907-2-babi%28f-%29.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26474/
ctrlnum 26474
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/26474/</relation><title>IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI SD MUHAMMADIYAH 9 MALANG</title><creator>LAILI, DEWI NUR</creator><subject>BL Religion</subject><description>Banyaknya kegagalan siswa mencerna informasi dari gurunya disebabkan ketidak sesuaian gaya mengajar guru dan gaya belajar siswa. Setiap siswa memiliki gaya belajar yang unik dan bervariasi. Guru kurang memahami konsep multiple intelligences, bahwa setiap siswa memiliki gaya belajar yang unik dan bervariasi. Padahal konsep tersebut memberikan kemudahan bagi guru dan siswa dalam memahami materi ajar.&#xD; &#xD; Fokus dari penelitian ini adalah (1) Implementasi pembelajaran PAI berbasis multiple intelligences di SD Muhammadiyah 9 Malang. (2) Kompetensi/skill yang harus dimiliki guru PAI dalam pembelajaran berbasis multiple intelligences di SD Muhammadiyah 9 Malang. (3) Perangkat yang dibutuhkan guru dalam pembelajaran PAI berbasis multiple intelligences di SD Muhammadiyah 9 Malang.&#xD; &#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif, dimana peneliti berusaha menggambarkan, meringkas berbagai kondisi, situasi dan berbagai variabel yang ada di SD Muhammadiyah 9 Malang, yang selanjutnya dianalisis secara mendalam. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.&#xD; &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat tiga tahapan dalam pembelajaran PAI berbasis multiple intelligences yakni perencanaan, pelakasanaan serta penilaian hasil pembelajaran yang sesuai dengan standar proses pembelajaran yang diintegrasikan dengan konsep multiple intelligences. (2) kompetensi yang harus dimiliki guru PAI dalam pembelajaran berbasis multiple intelligences diantaranya guru mampu: memahami teori multiple intelligences secara detail, memiliki 9 unsur kecerdasan sebelum mengajar, menstimulus siswa untuk memiliki 9 kecerdasan, professional dalam mengajar berbasis multiple intelligences, menjelajahi dan memahami kompetensi siswa, mengajar dengan cara yang menyenangkan, menjalankan perannya sebagai fasilitator, terampil dalam memanfaatkan sarana prasarana yang bisa menunjang stimulus kecerdasan majemuk, menilai hasil pembelajaran berbasis multiple intelligences (3) perangkat yang dibutuhkan guru PAI adalah berupa benda dan berupa program kegiatan penunjang.</description><date>2014-10-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/26474/1/jiptummpp-gdl-dewinurlai-36907-1-pendahul-n.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/26474/2/jiptummpp-gdl-dewinurlai-36907-2-babi%28f-%29.pdf</identifier><identifier> LAILI, DEWI NUR (2014) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI SD MUHAMMADIYAH 9 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>26474</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author LAILI, DEWI NUR
title IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI SD MUHAMMADIYAH 9 MALANG
publishDate 2014
topic BL Religion
url http://eprints.umm.ac.id/26474/1/jiptummpp-gdl-dewinurlai-36907-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26474/2/jiptummpp-gdl-dewinurlai-36907-2-babi%28f-%29.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26474/
contents Banyaknya kegagalan siswa mencerna informasi dari gurunya disebabkan ketidak sesuaian gaya mengajar guru dan gaya belajar siswa. Setiap siswa memiliki gaya belajar yang unik dan bervariasi. Guru kurang memahami konsep multiple intelligences, bahwa setiap siswa memiliki gaya belajar yang unik dan bervariasi. Padahal konsep tersebut memberikan kemudahan bagi guru dan siswa dalam memahami materi ajar. Fokus dari penelitian ini adalah (1) Implementasi pembelajaran PAI berbasis multiple intelligences di SD Muhammadiyah 9 Malang. (2) Kompetensi/skill yang harus dimiliki guru PAI dalam pembelajaran berbasis multiple intelligences di SD Muhammadiyah 9 Malang. (3) Perangkat yang dibutuhkan guru dalam pembelajaran PAI berbasis multiple intelligences di SD Muhammadiyah 9 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif, dimana peneliti berusaha menggambarkan, meringkas berbagai kondisi, situasi dan berbagai variabel yang ada di SD Muhammadiyah 9 Malang, yang selanjutnya dianalisis secara mendalam. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat tiga tahapan dalam pembelajaran PAI berbasis multiple intelligences yakni perencanaan, pelakasanaan serta penilaian hasil pembelajaran yang sesuai dengan standar proses pembelajaran yang diintegrasikan dengan konsep multiple intelligences. (2) kompetensi yang harus dimiliki guru PAI dalam pembelajaran berbasis multiple intelligences diantaranya guru mampu: memahami teori multiple intelligences secara detail, memiliki 9 unsur kecerdasan sebelum mengajar, menstimulus siswa untuk memiliki 9 kecerdasan, professional dalam mengajar berbasis multiple intelligences, menjelajahi dan memahami kompetensi siswa, mengajar dengan cara yang menyenangkan, menjalankan perannya sebagai fasilitator, terampil dalam memanfaatkan sarana prasarana yang bisa menunjang stimulus kecerdasan majemuk, menilai hasil pembelajaran berbasis multiple intelligences (3) perangkat yang dibutuhkan guru PAI adalah berupa benda dan berupa program kegiatan penunjang.
id IOS4109.26474
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2017-03-21T02:46:57Z
last_indexed 2017-03-21T02:46:57Z
recordtype dc
_version_ 1675924317383163904
score 17.538404