INTERNALISASI NILAI-NILAI KEAGAMAAN PADA ANAK DIDIK TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (Studi di TPQ Al-Ihsan Kebonagung Kabupaten Malang)

Main Author: AFANA, MUFLIKHATUL IDA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26459/1/jiptummpp-gdl-muflikhatu-36914-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26459/2/jiptummpp-gdl-muflikhatu-36914-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26459/
ctrlnum 26459
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/26459/</relation><title>INTERNALISASI NILAI-NILAI KEAGAMAAN PADA ANAK DIDIK TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR&#x2019;AN (Studi di TPQ Al-Ihsan Kebonagung Kabupaten Malang)</title><creator>AFANA, MUFLIKHATUL IDA</creator><subject>BL Religion</subject><description>Suatu kepribadian bermula dari tindakan yang dilakukan secara terus menerus dalam waktu yang lama sehingga menjadi satu kebiasaan. Pembiasaan dalam praktik keagamaan mempunyai manfaat yang besar pada tahap trans-internalisasi nilai keagamaan pada anak didik sejak dini.&#xD; &#xD; Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan nilai-nilai keagamaan yang diajarkan pada anak didik TPQ Al-Ihsan Kebonagung Kabupaten Malang, guna mengetahui metode-metode yang digunakan dalam internalisasi nilai-nilai keagamaan pada anak didik TPQ Al-Ihsan, guna mendiskripsikan faktor penghambat, dan faktor pendukung terinternalisasinya nilai keagamaan pada anak didik di TPQ Al-Ihsan.&#xD; &#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpul data, dilakukan melalui observasi, interview dan dokumentasi. Analisnya menggunakan teknik analis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya di lapangan.&#xD; &#xD; Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis yaitu: A. Nilai-nilai keagamaan yang diinternalisasikan pada anak didik di TPQ Al-Ihsan Kebonagung Kabupaten Malang antara lain: Nilai al-Qur&#xC2;&#x2019;an, akidah, ibadah (syariat), akhlak B. Metode yang digunakan dalam internalisasi nilai-nilai keagamaan anak didik di TPQ Al-Ihsan berupa: (1). Tahap transformasi nilai: melalui metode nasehat, ceramah, cerita, bernyanyi, bermain, bermain peran, karyawisata, muhadlarah, musabaqah, idam (hukuman), reward (penghargaan). (2). Tahap transaksi nilai: melalui metode demonstrasi, keteladanan (uswah hasanah). (3). Tahap tran-internalisasi: melalui metode pembiasaan. C. Faktor penghambat: trans-internalisasi yang tidak merata, kejenuhan karena masa anak lebih senang bermain, sulitnya perekrutan ustadz/ ustadzah yang kompeten yang sesuai dengan keinginan lembaga, minimnya waktu pembelajaran. Faktor pendukung: fasilitas memadai, ustadz/ustadzah yang berpengalaman, buku prestasi, kerjasama yang baik dengan orang tua anak didik.</description><date>2014-10-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/26459/1/jiptummpp-gdl-muflikhatu-36914-1-pendahul-n.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/26459/2/jiptummpp-gdl-muflikhatu-36914-2-babi.pdf</identifier><identifier> AFANA, MUFLIKHATUL IDA (2014) INTERNALISASI NILAI-NILAI KEAGAMAAN PADA ANAK DIDIK TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR&#x2019;AN (Studi di TPQ Al-Ihsan Kebonagung Kabupaten Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>26459</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author AFANA, MUFLIKHATUL IDA
title INTERNALISASI NILAI-NILAI KEAGAMAAN PADA ANAK DIDIK TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (Studi di TPQ Al-Ihsan Kebonagung Kabupaten Malang)
publishDate 2014
topic BL Religion
url http://eprints.umm.ac.id/26459/1/jiptummpp-gdl-muflikhatu-36914-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26459/2/jiptummpp-gdl-muflikhatu-36914-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26459/
contents Suatu kepribadian bermula dari tindakan yang dilakukan secara terus menerus dalam waktu yang lama sehingga menjadi satu kebiasaan. Pembiasaan dalam praktik keagamaan mempunyai manfaat yang besar pada tahap trans-internalisasi nilai keagamaan pada anak didik sejak dini. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan nilai-nilai keagamaan yang diajarkan pada anak didik TPQ Al-Ihsan Kebonagung Kabupaten Malang, guna mengetahui metode-metode yang digunakan dalam internalisasi nilai-nilai keagamaan pada anak didik TPQ Al-Ihsan, guna mendiskripsikan faktor penghambat, dan faktor pendukung terinternalisasinya nilai keagamaan pada anak didik di TPQ Al-Ihsan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpul data, dilakukan melalui observasi, interview dan dokumentasi. Analisnya menggunakan teknik analis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya di lapangan. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis yaitu: A. Nilai-nilai keagamaan yang diinternalisasikan pada anak didik di TPQ Al-Ihsan Kebonagung Kabupaten Malang antara lain: Nilai al-QurÂ’an, akidah, ibadah (syariat), akhlak B. Metode yang digunakan dalam internalisasi nilai-nilai keagamaan anak didik di TPQ Al-Ihsan berupa: (1). Tahap transformasi nilai: melalui metode nasehat, ceramah, cerita, bernyanyi, bermain, bermain peran, karyawisata, muhadlarah, musabaqah, idam (hukuman), reward (penghargaan). (2). Tahap transaksi nilai: melalui metode demonstrasi, keteladanan (uswah hasanah). (3). Tahap tran-internalisasi: melalui metode pembiasaan. C. Faktor penghambat: trans-internalisasi yang tidak merata, kejenuhan karena masa anak lebih senang bermain, sulitnya perekrutan ustadz/ ustadzah yang kompeten yang sesuai dengan keinginan lembaga, minimnya waktu pembelajaran. Faktor pendukung: fasilitas memadai, ustadz/ustadzah yang berpengalaman, buku prestasi, kerjasama yang baik dengan orang tua anak didik.
id IOS4109.26459
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2017-03-21T02:46:57Z
last_indexed 2017-03-21T02:46:57Z
recordtype dc
_version_ 1675924317127311360
score 17.538404