AKTIVITAS PUBLIKASI EVENT SEMINGGU DI KOTA PROBOLINGGO TAHUN 2014 (Studi Pada Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kota Probolinggo)

Main Author: Rahmansah, Antok
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26391/1/jiptummpp-gdl-antokrahma-36965-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26391/2/jiptummpp-gdl-antokrahma-36965-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26391/
Daftar Isi:
  • Latar belakang dari penelitian ini adalah event besar yang diselenggarakan Pemerintah Kota Probolinggo yakni Seminggu di Kota Probolinggo (SEMIPRO). Event yang menjadi agenda tahunan sejak 2008. SEMIPRO adalah gelaran acara yang dilakukan setiap tahun dalam rangka melestarikan dan mengembangkan kesenian daerah lokal setempat serta potensi pariwisata. Kota Probolinggo tidak mempunyai kunjungan wisata alam tetapi hanya mempunyai wisata buatan untuk menarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk mengetahui dan mendeskripsikan Aktivitas Publikasi Event Seminggu di Kota Probolinggo (SEMIPRO) Tahun 2014. Penelitian ini bertipe deskriptif dengan pendekatan kualitatif dimana peneliti mendeskripsikan dari dari hasil wawancara-wawancara mendalam terhadap subjek penelitian. Subjek penelitian dipilih melalui teknik purposive sampling. Didapatkan subjek penelitian pegawai dari Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kota Probolinggo yang berjumlah 2 orang dan 1 orang dari Dinas Komunkasi dan Informatika Kota Probolinggo. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam. Menurut Black dan Whitney dalam nurudin (2007:12) menjelaskan komunikasi massa adalah sebuah proses dimana pesan-pesan yang diproduksi secara missal/tidak sedikit kepada massa penerima pesan yang luas, anonym dan heterogen. event adalah suatu kegiatan yang diselenggarakan untuk memperingati hal-hal penting sepanjang hidup manusia, baik secara individu atau kelompok yang terikat secara adat, budaya, tradisi, dan agama yang diselenggarakan untuk tujuan tertentu serta melibatkan lingkungan masyarakat yang diselenggarakan pada waktu tertentu. (Any Noor, 2009:7). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dilapangan dapat diketahui bahwa Aktivitas Publikasi yang dilakukan untuk mempublikasikan event Seminggu di Kota Probolinggo (SEMIPRO) Tahun 2014 adalah dapat diketahui aktivitas publikasi yang dilakukan oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kota Probolinggo sebagai leading sector event ini adalah menggunakan media massa sebagai media publikasi. Media massa yang bersifat heterogen dan menyeluruh dirasa pihak penyelenggara sangat tepat perihal publikasi dan Promosi. Media massa yang digunakan yakni Spanduk, Baliho, Banner dengan membuat sebuah pesan atau memilih kata-kata yang mampu membangkitkan perhatian masyarakat agar bisa menghadiri acara ini. pemasangan media tersebut secara Redundancy yakni melakukan publikasi H-3 bulan sebelum event ini digelar dan memasang banner yang berisi tentang agenda acara pada saat event ini berlangsung dan dilakukan secara berkala dengan tujuan untuk dapat mempengaruhi khalayak. Sedangkan canalizing adalah melakukan publikasi berdasarkan kegiatan-kegiatan sebelumnya karena event sudah menjadi agenda tahunan Pemerintah Kota Probolinggo. Pemilihan Media yang dilakukan berdasarkan efektivitas dan efesiensi media saja. Media yang digunakan adalah media luar ruang yang digunakan seperti pemasangan banner, baliho serta spanduk. Untuk media cetak menggunakan Koran Lokal seperti RADAR BROMO dan membuat majalah yang dibagikan kepada masyarakat. Media elektronik yang digunakan adalah TV lokal yakni PROTV dan Radio Lokal Suara Kota milik Pemerintah Kota sendiri. Pada Event ini anggaran menjadi pengaruh terhadap pemilihan sebuah media karena harus disesuaikan.