HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TAMPILAN FISIK SALES PROMOTION GIRL DENGAN KEPUTUSAN MEMBELI KONSUMEN
Main Author: | Tryandini, Arinda Pamella |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/26258/ |
Daftar Isi:
- Dalam konteks perilaku konsumen pengambilan keputusan konsumen didefinisikan sebagai suatu proses dimana memilih salah satu atau lebih alternatif yang diperlukan berdasarkan pertimbangan tertentu. Bagaimana seseorang yang termotivasi berbuat sesuatu dipengaruhi oleh persepsinya terhadap situasi yang dihadapinya. Untuk dapat membuka kemungkinan besar terjadinya pembelian maka sangat penting perusahaan membentuk stimulus yang akan di rancang agar membentuk persepsi yang baik dibenak konsumen. Salah satunya lewat strategi pemasaran melalui promosi atau personal selling dengan sales promotion girl sebagai stimulusnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang betujuan untuk mengetahui hubungan Antara Persepsi Tampilan Fisik Sales Promotion Girl dengan Keputusan Membeli Konsumen. Penelitian dilakukan terhadap 100 Konsumen yang telah membeli produk yang ditawarkan oleh sales promotion girl di Malang. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah Insidental sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah skala Persepsi Tampilan Fisik dan skala keputusan membeli. Tehnik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian ini di dapat nilai koefisien korelasi (r) = 0,699. Koefisien determinasi (R2) = 0,489 dan probabilitas kesalahan (p) = 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan sangat signifikan antara persepsi tampilan fisik dengan keputusan membeli, artinya apabila persepsi konsumen terhadap tapilan fisik Sales promotion girl positif maka semakin tinggi keputusan membeli konsumen, sebaliknya bila persepsi tampilan fisik sales promotion girl negatif maka semakin rendah keputusan membeli konsumen. Hal ini membuktikan konsumen yang memiliki persepsi positif terhadap tampilan fisik sales promotion girl maka keputusan dalam membeli suatu produk tinggi. Adapun sumbangan efektif persepsi tampilan fisik sales promotion girl sebesar 48,9% sisanya sebesar 51,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. vi