TERAPI BERMAIN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DALAM HAL AKADEMIK PADA ANAK
Main Author: | Basyar, Ahmad Jalaluddin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/26201/ |
Daftar Isi:
- Masa anak-anak adalah masa untuk belajar, bermain dan meniru aktivitas yang ada dalam lingkungannya.Anak-anak seharusnya memiliki keterampilan sosial yang berkembang baik dalam aktivitas sehari-hari. Keterampilan sosial dalam hal akademik adalah salah satu keterampilan sosial yang penting bagi anak-anak. Anak-anak yang memiliki keterampilan sosial dalam hal akademik yang rendah akan mempengaruhi prestasi akademik disekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terapi bermain sosial mampu meningkatkan keterampilan sosial dalam hal akademik.Jenis penelitian yang digunakan adalah experimental design single case. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 2 orang dengan keterampilan sosial dalam hal akademik yang rendah. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisa data menggunakan analisa grafik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi bermain sosial mampu meningkatkan keterampilan sosial dalam hal akademik pada anak.