ANALISIS BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLAK UKUR KINERJA PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN BALANGAN KALIMANTAN SELATAN)

Main Author: LAVENIA, NIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24119/1/jiptummpp-gdl-nialavenia-37294-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24119/2/jiptummpp-gdl-nialavenia-37294-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24119/
ctrlnum 24119
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/24119/</relation><title>ANALISIS BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLAK UKUR KINERJA PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN BALANGAN KALIMANTAN SELATAN)</title><creator>LAVENIA, NIA</creator><subject>HF5601 Accounting</subject><description>Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Balangan merupakan salah satu rumah sakit milik pemerintah yang tujuannya bukan untuk mencari keuntungan, tetapi lebih kepada jasa konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja rumah sakit apabila menggunakan Balanced Scorecard. Dengan menggunakan Balanced Scorecard diharapkan rumah sakit dapat mengembangkan aspek keuangan dan non keuangan dalam melakukan penilaian kinerja, sehingga nantinya diharapkan bahwa rumah sakit mampu menjadi institusi yang dapat memberikan kepuasan kepada konsumen, karyawan yang berkomitmen tinggi dan kemudian akan menghasilkan surplus yang memadai. &#xD; &#xD; Penelitian dilakukan dengan mengambil data selama 3 tahun, yaitu dari tahun 2010 &#xC2;&#x2013; 2012, menggunakan analisis deskriftif dimana peneliti melakukan evaluasi kinerja rumah sakit antar periode kemudian membandingkan dengan target yang sebelumnya telah ditetapkan. Data diperoleh dari dokumentasi dan interview. Pengukuran kinerja keuangan dilihat dari rasio ekonomis, rasio efesiensi, dan rasio efektivitas, perspektif pelanggan dilihat dari akuisisi pelanggan, retensi pelanggan, dan kepuasaan pelanggan, perspektif proses bisnis internal menggunakan mutu pelayanan. Sedangkan untuk perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dilihat dari retensi karyawan dan pelatihan karyawan. &#xD; &#xD; Dari hasil penelitian dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat beberapa variasi pencapaian hasil. Maka, Balanced Scorecard cocok untuk diterapkan pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Balangan karena Balanced Scorecard dapat memberikan gambaran yang lebih terstruktur menyeluruh dibandingkan dengan sistem tradisional yang masih digunakan sampai saat ini.</description><date>2014-11-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/24119/1/jiptummpp-gdl-nialavenia-37294-1-pendahul-n.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/24119/2/jiptummpp-gdl-nialavenia-37294-2-babi.pdf</identifier><identifier> LAVENIA, NIA (2014) ANALISIS BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLAK UKUR KINERJA PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN BALANGAN KALIMANTAN SELATAN). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>24119</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author LAVENIA, NIA
title ANALISIS BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLAK UKUR KINERJA PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN BALANGAN KALIMANTAN SELATAN)
publishDate 2014
topic HF5601 Accounting
url http://eprints.umm.ac.id/24119/1/jiptummpp-gdl-nialavenia-37294-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24119/2/jiptummpp-gdl-nialavenia-37294-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24119/
contents Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Balangan merupakan salah satu rumah sakit milik pemerintah yang tujuannya bukan untuk mencari keuntungan, tetapi lebih kepada jasa konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja rumah sakit apabila menggunakan Balanced Scorecard. Dengan menggunakan Balanced Scorecard diharapkan rumah sakit dapat mengembangkan aspek keuangan dan non keuangan dalam melakukan penilaian kinerja, sehingga nantinya diharapkan bahwa rumah sakit mampu menjadi institusi yang dapat memberikan kepuasan kepada konsumen, karyawan yang berkomitmen tinggi dan kemudian akan menghasilkan surplus yang memadai. Penelitian dilakukan dengan mengambil data selama 3 tahun, yaitu dari tahun 2010 – 2012, menggunakan analisis deskriftif dimana peneliti melakukan evaluasi kinerja rumah sakit antar periode kemudian membandingkan dengan target yang sebelumnya telah ditetapkan. Data diperoleh dari dokumentasi dan interview. Pengukuran kinerja keuangan dilihat dari rasio ekonomis, rasio efesiensi, dan rasio efektivitas, perspektif pelanggan dilihat dari akuisisi pelanggan, retensi pelanggan, dan kepuasaan pelanggan, perspektif proses bisnis internal menggunakan mutu pelayanan. Sedangkan untuk perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dilihat dari retensi karyawan dan pelatihan karyawan. Dari hasil penelitian dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat beberapa variasi pencapaian hasil. Maka, Balanced Scorecard cocok untuk diterapkan pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Balangan karena Balanced Scorecard dapat memberikan gambaran yang lebih terstruktur menyeluruh dibandingkan dengan sistem tradisional yang masih digunakan sampai saat ini.
id IOS4109.24119
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2017-03-21T02:46:09Z
last_indexed 2017-03-21T02:46:09Z
recordtype dc
_version_ 1675924304540205056
score 17.538404