DUKUNGAN SOSIAL SISWA NORMAL DAN SEKOLAH TERHADAP SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM KEGIATAN KEAGAMAAN DI PANTI DAN PONDOK PESANTREN AL-MIZAN MUHAMMADIYAH LAMONGAN

Main Author: Wulandari, Dewi Fita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23915/1/jiptummpp-gdl-dewifitawu-41552-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23915/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dukungan sosial siswa normal dan sekolah terhadap siswa berkebutuhan khusus dalam kegiatan keagamaan. Penelitian ini diselenggarakan di Panti dan Pondok Pesantren Al-Mizan Muhammadiyah Lamongan. Proses penyusunan dan pelaksanaan yaitu, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode penelitian studi kasus dipakai dalam penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana dukungan sosial siswa normal terhadap siswa berkebutuhan khusus dalam kegiatan keagamaan serta dukungan sekolah terhadap siswa berkebutuhan khusus dalam kegiatan keagamaan. Sementara teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum terdapat dukungan sosial antara siswa normal terhadap siswa berkebutuhan khusus, sedangkan pada kegiatan keagamaan tidak terdapat dukungan sosial dikarenakan siswa normal melakukan kegiatan keagamaan di asrama sedangkan anak berkebutuhan khusus dan TK ABA hanya pada sekolah formal saja. Dukungan sekolah terhadap siswa berkebutuhan khusus menunjukkan adanya dukungan dalam kegiatan keagamaan contohnya pengumpulan zakat fitrah, pembagian hewan kurban, praktik sholat, tayammum dan hafalan do’a sehari-hari.