DUKUNGAN SOSIAL SISWA NORMAL DAN SEKOLAH TERHADAP SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM KEGIATAN KEAGAMAAN DI PANTI DAN PONDOK PESANTREN AL-MIZAN MUHAMMADIYAH LAMONGAN

Main Author: Wulandari, Dewi Fita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23915/1/jiptummpp-gdl-dewifitawu-41552-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23915/
ctrlnum 23915
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/23915/</relation><title>DUKUNGAN SOSIAL SISWA NORMAL DAN SEKOLAH TERHADAP SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM KEGIATAN KEAGAMAAN DI PANTI DAN PONDOK PESANTREN AL-MIZAN MUHAMMADIYAH LAMONGAN</title><creator>Wulandari, Dewi Fita</creator><subject>BL Religion</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dukungan sosial siswa normal dan sekolah terhadap siswa berkebutuhan khusus dalam kegiatan keagamaan. Penelitian ini diselenggarakan di Panti dan Pondok Pesantren Al-Mizan Muhammadiyah Lamongan.&#xD; &#xD; Proses penyusunan dan pelaksanaan yaitu, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode penelitian studi kasus dipakai dalam penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana dukungan sosial siswa normal terhadap siswa berkebutuhan khusus dalam kegiatan keagamaan serta dukungan sekolah terhadap siswa berkebutuhan khusus dalam kegiatan keagamaan. Sementara teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi lapangan.&#xD; &#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum terdapat dukungan sosial antara siswa normal terhadap siswa berkebutuhan khusus, sedangkan pada kegiatan keagamaan tidak terdapat dukungan sosial dikarenakan siswa normal melakukan kegiatan keagamaan di asrama sedangkan anak berkebutuhan khusus dan TK ABA hanya pada sekolah formal saja. Dukungan sekolah terhadap siswa berkebutuhan khusus menunjukkan adanya dukungan dalam kegiatan keagamaan contohnya pengumpulan zakat fitrah, pembagian hewan kurban, praktik sholat, tayammum dan hafalan do&#x2019;a sehari-hari.</description><date>2015-12-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/23915/1/jiptummpp-gdl-dewifitawu-41552-2-babi.pdf</identifier><identifier> Wulandari, Dewi Fita (2015) DUKUNGAN SOSIAL SISWA NORMAL DAN SEKOLAH TERHADAP SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM KEGIATAN KEAGAMAAN DI PANTI DAN PONDOK PESANTREN AL-MIZAN MUHAMMADIYAH LAMONGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>23915</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Wulandari, Dewi Fita
title DUKUNGAN SOSIAL SISWA NORMAL DAN SEKOLAH TERHADAP SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM KEGIATAN KEAGAMAAN DI PANTI DAN PONDOK PESANTREN AL-MIZAN MUHAMMADIYAH LAMONGAN
publishDate 2015
topic BL Religion
url http://eprints.umm.ac.id/23915/1/jiptummpp-gdl-dewifitawu-41552-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23915/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dukungan sosial siswa normal dan sekolah terhadap siswa berkebutuhan khusus dalam kegiatan keagamaan. Penelitian ini diselenggarakan di Panti dan Pondok Pesantren Al-Mizan Muhammadiyah Lamongan. Proses penyusunan dan pelaksanaan yaitu, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode penelitian studi kasus dipakai dalam penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana dukungan sosial siswa normal terhadap siswa berkebutuhan khusus dalam kegiatan keagamaan serta dukungan sekolah terhadap siswa berkebutuhan khusus dalam kegiatan keagamaan. Sementara teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum terdapat dukungan sosial antara siswa normal terhadap siswa berkebutuhan khusus, sedangkan pada kegiatan keagamaan tidak terdapat dukungan sosial dikarenakan siswa normal melakukan kegiatan keagamaan di asrama sedangkan anak berkebutuhan khusus dan TK ABA hanya pada sekolah formal saja. Dukungan sekolah terhadap siswa berkebutuhan khusus menunjukkan adanya dukungan dalam kegiatan keagamaan contohnya pengumpulan zakat fitrah, pembagian hewan kurban, praktik sholat, tayammum dan hafalan do’a sehari-hari.
id IOS4109.23915
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2017-03-21T02:46:05Z
last_indexed 2017-03-21T02:46:05Z
recordtype dc
_version_ 1675924303436054528
score 17.538404