PENERAPAN PEMBELAJARAN MEMBACA Al-QURAN DENGAN METODE QIROATI DI TPQ BAITURROHMAH KOTA BATU

Main Author: FATIMAH,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23912/1/jiptummpp-gdl-fatimahnim-41554-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23912/2/jiptummpp-gdl-fatimahnim-41554-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23912/
ctrlnum 23912
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/23912/</relation><title>PENERAPAN PEMBELAJARAN MEMBACA Al-QURAN DENGAN METODE QIROATI DI TPQ BAITURROHMAH KOTA BATU</title><creator>FATIMAH, </creator><subject>BL Religion</subject><description>Pada saat ini mayoritas umat Islam ingin bisa membaca al-Qur&#x2019;an lebih cepat dan praktis, maka dari itu banyak para ulama mencoba mencarikan atau menyajikan alternativ yang lebih menarik dan memudahkan anak-anak dalam belajar membaca al-Qur&#x2019;an salah satunya adalah metode Qiro&#x2019;ati. Metode Qiro&#x2019;ati adalah metode membaca al-Qur&#x2019;an yang langsung memasukan dan mempraktekan bacaan tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Penerapan metode Qiro&#x2019;ati ini tidaklah mungkin dapat dilakukan dengan benar jika tidak dibarengi dengan usaha yang sungguh-sungguh untuk terus mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang pemilihan metode Qiro&#x2019;ati di TPQ Baiturrohmah Kota Batu, untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dalam penerapan pembelajaran membaca al-Qur&#x2019;an dengan metode Qiro&#x2019;ati serta hasil dari penerapan pembelajaran membaca al-Qur&#x2019;an dengan metode tersebut.&#xD; &#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian adalah Kepala TPQ dan ustazd-ustazdah TPQ Baiturrohmah Kota Batu. Pemilihan TPQ Baiturrohmah Kota Batu sebagai setting penelitian dikarenakan TPQ ini sudah menerapkan metode Qiro&#x2019;ati cukup lama yakni sekitar tahun 1998 hingga saat ini. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis data kualitatif.&#xD; &#xD; Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran Qiro&#x2019;ati di TPQ Baiturrohmah Kota Batu belum terlaksana dengan maksimal karena mengalami berbagai macam kendala. Kendala-kendala tersebut diantaranya datang dari kebijakan Pusat pengelola Qiro&#x2019;ati yang sulit dipenuhi TPQ, alat peraga yang kurang layak digunakan, hingga kondisi ustazd-ustazdah serta santri yang cenderung kurang taat pada aturan TPQ.</description><date>2015-12-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/23912/1/jiptummpp-gdl-fatimahnim-41554-1-pendahul-n.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/23912/2/jiptummpp-gdl-fatimahnim-41554-2-babi.pdf</identifier><identifier> FATIMAH, (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN MEMBACA Al-QURAN DENGAN METODE QIROATI DI TPQ BAITURROHMAH KOTA BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>23912</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author FATIMAH,
title PENERAPAN PEMBELAJARAN MEMBACA Al-QURAN DENGAN METODE QIROATI DI TPQ BAITURROHMAH KOTA BATU
publishDate 2015
topic BL Religion
url http://eprints.umm.ac.id/23912/1/jiptummpp-gdl-fatimahnim-41554-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23912/2/jiptummpp-gdl-fatimahnim-41554-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23912/
contents Pada saat ini mayoritas umat Islam ingin bisa membaca al-Qur’an lebih cepat dan praktis, maka dari itu banyak para ulama mencoba mencarikan atau menyajikan alternativ yang lebih menarik dan memudahkan anak-anak dalam belajar membaca al-Qur’an salah satunya adalah metode Qiro’ati. Metode Qiro’ati adalah metode membaca al-Qur’an yang langsung memasukan dan mempraktekan bacaan tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Penerapan metode Qiro’ati ini tidaklah mungkin dapat dilakukan dengan benar jika tidak dibarengi dengan usaha yang sungguh-sungguh untuk terus mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang pemilihan metode Qiro’ati di TPQ Baiturrohmah Kota Batu, untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dalam penerapan pembelajaran membaca al-Qur’an dengan metode Qiro’ati serta hasil dari penerapan pembelajaran membaca al-Qur’an dengan metode tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian adalah Kepala TPQ dan ustazd-ustazdah TPQ Baiturrohmah Kota Batu. Pemilihan TPQ Baiturrohmah Kota Batu sebagai setting penelitian dikarenakan TPQ ini sudah menerapkan metode Qiro’ati cukup lama yakni sekitar tahun 1998 hingga saat ini. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran Qiro’ati di TPQ Baiturrohmah Kota Batu belum terlaksana dengan maksimal karena mengalami berbagai macam kendala. Kendala-kendala tersebut diantaranya datang dari kebijakan Pusat pengelola Qiro’ati yang sulit dipenuhi TPQ, alat peraga yang kurang layak digunakan, hingga kondisi ustazd-ustazdah serta santri yang cenderung kurang taat pada aturan TPQ.
id IOS4109.23912
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2017-03-21T02:46:05Z
last_indexed 2017-03-21T02:46:05Z
recordtype dc
_version_ 1675924303426617344
score 17.538404