PENGARUH BELANJA IDENTITAS TERHADAP STATUS SOSIAL MAHASISWI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG (Studi di Kawasan Perumahan Bukit Cemara Tujuh Kota Malang)

Main Author: MUTIAH, RISKA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23840/1/jiptummpp-gdl-riskamutia-40563-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23840/2/jiptummpp-gdl-riskamutia-40563-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23840/
Daftar Isi:
  • Salah satu komponen gaya hidup konsumtif yang telah menjadi kebiasaan bagi mahasiswi adalah berbelanja barang branded. Ia memunculkan sistem penandaan yang menjadi pembentukan dan pengkomunikasian tatanan sosial. Adapun tujuan penelitian dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh belanja identitas terhadap status sosial mahasiswi Universitas Malang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di kawasan perumahan Bukit Cemara Tujuh Kota Malang. Teknik penentuan subjek dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan ini adalah teori konsumsi oleh Jean Baudrillard. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa mahasiswi telah menjadikan belanja sebagai gaya hidup mereka.Melalui kebiasaan berbelanja dan memakai barang-barang branded, mereka membentuk identitas diri dan menganggap bahwa barang-barang branded bisa merepresentasikan diri mereka. Hal ini berpengaruh terhadap status sosial yang dicapai oleh mahasiwi. Berbelanja dan memakai barang-barang branded merupakan cara untuk memliki status sosial dengan prestise yang tinggi karena barang-barang branded tersebut merupakan simbol status manusia modern.