PENGARUH PENERAPAN RETAIL MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CONVENIENCE STORE (STUDI PADA KONSUMEN TOKO BUKU TOGAMAS CABANG PROBOLINGGO)

Main Author: Vanessa, Iga
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23680/1/jiptummpp-gdl-igavanessa-40951-1-pendahul-x.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23680/2/jiptummpp-gdl-igavanessa-40951-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23680/
Daftar Isi:
  • Retail Mix adalah kombinasi dari faktor-faktor ritel yang dipergunakan untuk memuaskan kebutuhan pelanggan dan mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh retail mix yang meliputi, produk, harga, promosi, lokasi, suasana toko dan layanan pelanggan terhadap keputusan pembelian pada Toko Buku Convenience Togamas Cabang Probolinggo, serta untuk mengetahui variabel retail mix mana yang berpengaruh dominan. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan desain riset kausal (sebab-akibat). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan alat bantu kuesioner kepada responden. Sampel yang digunakan sebesar 100 responden. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas, reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan metode analisis regresi linear berganda karena variabel yang digunakan lebih dari dua variabel, dan juga dengan uji F serta uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk (X1), harga (X2), promosi (X3), lokasi (X4), suasana toko (X5), dan layanan pelanggan (X6) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko Buku Convenience Togamas Cabang Probolinggo (Y). Dari perhitungan uji F diperoleh F hitung = 296,607 dengan signifikansi sebesar 0,000<0,05. Selain itu nilai Adjusted R2 sebesar 0,947 yang berarti besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 94,7%. Dan uji t diketahui bahwa secara parsial variabel produk, harga, promosi, lokasi, suasana toko dan layanan pelanggan mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat. Variabel yang paling dominan pengaruhnya adalah variabel promosi.