HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT KUNJUNGAN LANSIA KE POSYANDU LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BUMIAJI KOTA BATU

Main Author: SAPUTRI, ANANDA APRILIA PRATAMA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23426/1/jiptummpp-gdl-anandaapri-41810-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23426/2/jiptummpp-gdl-anandaapri-41810-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23426/
ctrlnum 23426
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/23426/</relation><title>HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT KUNJUNGAN LANSIA KE POSYANDU LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BUMIAJI KOTA BATU</title><creator>SAPUTRI, ANANDA APRILIA PRATAMA</creator><subject>RT Nursing</subject><description>Latar Belakang : Lansia adalah seseorang yang berusia &gt;65 tahun ditandai dengan penurunan kemampuan tubuh beradaptansi dengan stres lingkungan, sehingga lansia membutuhkan perhatian khusus dalam upaya peningkatan kesejahteraan lanjut usia. Posyandu merupakan salah satu bentuk perhatian terhadap lansia haruslah optimal dari segi penyedia layanan maupun fasilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan terhadap tingkat kunjungan lansia ke posyandu lansia.&#xD; &#xD; Metode :Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional pada 25 unit posyandu yang diambil dengan cara cluster sampling. Pengumpulan data dilakukan secara observasi dan studi dokumentasi. Kemudian data dianalisa dengan menggunakan uji korelasi pearson product moment.&#xD; &#xD; Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas pelayanan kesehatan posyandu lansia memiliki rata-rata 74,93% dengan kualitas pelayanan paling tinggi berada pada posyandu B dan paling rendah pada posyandu X, dengan aspek kualitas pelayanan tertinggi adalah aspek tangible (bukti fisik) dan aspek terendah adalah responsiveness (daya tanggap). Untuk kunjungan lansia dalam 1 tahun memiliki nilai rata-rata 61,41%, dengan tingkat kunjungan paling tinggi terdapat pada posyandu B dan paling rendah pada posyandu X. Di dapatkan nilai signifikansi pada kualitas pelayanan kesehatan dan tingkat kunjungan lansia p = (0,002 &lt; 0,05 ), sehingga dapat dinyatakan bahwa H1 diterima.&#xD; &#xD; Kesimpulan : Ada hubungan antara kualitas pelayanan dengan tingkat kunjungan lansia ke posyandu lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Bumiaji Kota Batu.</description><date>2015-12-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/23426/1/jiptummpp-gdl-anandaapri-41810-1-pendahul-n.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/23426/2/jiptummpp-gdl-anandaapri-41810-2-babi.pdf</identifier><identifier> SAPUTRI, ANANDA APRILIA PRATAMA (2015) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT KUNJUNGAN LANSIA KE POSYANDU LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BUMIAJI KOTA BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>23426</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SAPUTRI, ANANDA APRILIA PRATAMA
title HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT KUNJUNGAN LANSIA KE POSYANDU LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BUMIAJI KOTA BATU
publishDate 2015
topic RT Nursing
url http://eprints.umm.ac.id/23426/1/jiptummpp-gdl-anandaapri-41810-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23426/2/jiptummpp-gdl-anandaapri-41810-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23426/
contents Latar Belakang : Lansia adalah seseorang yang berusia >65 tahun ditandai dengan penurunan kemampuan tubuh beradaptansi dengan stres lingkungan, sehingga lansia membutuhkan perhatian khusus dalam upaya peningkatan kesejahteraan lanjut usia. Posyandu merupakan salah satu bentuk perhatian terhadap lansia haruslah optimal dari segi penyedia layanan maupun fasilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan terhadap tingkat kunjungan lansia ke posyandu lansia. Metode :Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional pada 25 unit posyandu yang diambil dengan cara cluster sampling. Pengumpulan data dilakukan secara observasi dan studi dokumentasi. Kemudian data dianalisa dengan menggunakan uji korelasi pearson product moment. Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas pelayanan kesehatan posyandu lansia memiliki rata-rata 74,93% dengan kualitas pelayanan paling tinggi berada pada posyandu B dan paling rendah pada posyandu X, dengan aspek kualitas pelayanan tertinggi adalah aspek tangible (bukti fisik) dan aspek terendah adalah responsiveness (daya tanggap). Untuk kunjungan lansia dalam 1 tahun memiliki nilai rata-rata 61,41%, dengan tingkat kunjungan paling tinggi terdapat pada posyandu B dan paling rendah pada posyandu X. Di dapatkan nilai signifikansi pada kualitas pelayanan kesehatan dan tingkat kunjungan lansia p = (0,002 < 0,05 ), sehingga dapat dinyatakan bahwa H1 diterima. Kesimpulan : Ada hubungan antara kualitas pelayanan dengan tingkat kunjungan lansia ke posyandu lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Bumiaji Kota Batu.
id IOS4109.23426
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2017-03-21T02:45:55Z
last_indexed 2017-03-21T02:45:55Z
recordtype dc
_version_ 1675924301197344768
score 17.538404