IMPLEMENTASI PENGGUNAAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DALAM MERENCANAKAN KUALITAS JASA BENGKEL SEPEDA AMIN MOTOR DEMAK

Main Author: Solikah, Nor
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23121/1/jiptummpp-gdl-norsolikah-41363-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23121/2/jiptummpp-gdl-norsolikah-41363-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23121/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut apa saja yang dapat meningkatkan kualitas jasa bengkel sepeda Amin motor. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Qality Function Deployment (QFD). Tahapan untuk melakukan metode ini yaitu important to customer, customer satisfaction performance, competitive satisfaction performance, goal, sales point, raw weight, normalized raw weight kemudian selanjutnya dilakukan tahapan House of Quality (HOQ) dengan tahap-tahap relationship matrix, perioritas, technical correlation,benchmarking, dan target. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa voice of customer berjumlah 47 atribut, dari 47 atribut tersebut diperoleh hasil bahwa ada 9 atribut perbaikan kualitas yang akan dilakukan perusahaan dalam jangka pendek yaitu mengubah ruang tunggu yang nyaman, penmbahan pamflet tentang suku cadang, melengkapi sarana dan prasarana, penambahan peralatan, mengatur ulang tempat suku cadang dan variasi, pemberlakuan jaminan servis, bertanggung jawab penuh terhadap apa yang dikerjakan, tersenyum, ramah dan antusias dalam melakukan pelayanan.